Jaringan 4G XL Axiata Tersedia di Pulau Terpencil NTT, Masyarakat Pulau Alor Bisa Lebih Produktif – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | XL Axiata terus mendukung visi pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional melalui pemerataan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia.

Khusus di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam 1 tahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan 4G di pelosok pedesaan dan pulau-pulau kecil yang sebelumnya sulit dijangkau, termasuk menghubungkan lebih dari 120 BTS 4G. Salah satunya adalah Pulau Alor.

Kini jaringan 4G XL Axiata di NTT didukung lebih dari 850 unit BTS 4G. Dari total kecamatan di NTT, sekitar 188 kecamatan atau 60% di 22 kota/kabupaten sudah terlayani jaringan 4G.

Ketua Grup Regional Wilayah Timur XL Axiata, Dodik Arianto mengatakan dengan tersedianya jaringan 4G di pulau-pulau terpencil tersebut, produktivitas masyarakat lokal bisa semakin terpacu. Selain itu, masyarakat akan dapat memperoleh manfaat dari layanan digital termasuk layanan perbankan, kesehatan, jaminan sosial, pendidikan.

“Kami senantiasa berupaya memberikan layanan telekomunikasi dan data yang layak kepada masyarakat di daerah terpencil agar mereka dapat menikmati hasil pembangunan nasional,” kata Dodik pekan lalu.

Baca juga: XL Axiata mengadopsi teknologi FTTR untuk XL SATU

Menurut Dodik, salah satu sasaran penguatan jaringan 4G NTT adalah Pulau Alor dan sekitarnya. Jaringan tersebut telah beroperasi sejak Oktober 2018. Selain Alor, jaringan 4G XL Axiata juga menjangkau pulau-pulau lain. Diantaranya adalah Pulau Flores, Sumba, Lembata dan Rote di Timor.

Sementara itu, Kepala Operasi Jaringan XL Axiata wilayah timur, Mochamad Irwan Harahap mengatakan jaringan XL Axiata di Pulau Alor didukung 30 unit BTS 4G. Setiap BTS dapat melayani maksimal 400 pelanggan dalam waktu bersamaan dan memiliki jangkauan dalam radius 2 km.

Sejak mulai beroperasi pada Oktober 2018 lalu, trafik layanan data di Pulau Alor terus meningkat. Lalu lintas meningkat sebesar 16 persen dalam 2 tahun terakhir.

Baca Juga  Cara Menjaga Aset Di Bandung Milenial

Dalam beberapa tahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan backbone melalui jalur kabel serat optik di provinsi NTT. Hingga saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 1.100 kilometer jalur kabel serat optik yang melintasi Provinsi NTT, termasuk jalur yang melewati Kabupaten Alor.

Dengan adanya jaringan XL Axiata di Kabupaten Alor diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dengan menggunakan teknologi telekomunikasi. (lumut)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *