3 Berita Teknologi Teratas Hari Ini: Penjelasan Tingkat Pendidikan Gibran Rakabuming, Jaket ACO

TEMPO.CO, Jakarta – 3 Teknologi Teratas Berita hari ini Bermula dari isu pendidikan Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden Prabowa Subianto belakangan menjadi sorotan. Putra pertama Presiden Joko Widodo ini dikabarkan hanya menyelesaikan pendidikan SMA. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam menginformasikan hal itu.

Laporan populer lainnya adalah tentang lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada atau UGM menghadirkan inovasi menarik bagi mereka yang sering merasa kepanasan saat mengenakan jaket. Mereka memproduksi Jaket Automatic Comfort atau Jaket ACO, yaitu jaket yang dapat mengatur suhu secara otomatis dan menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III menghimbau kepada pimpinan perguruan tinggi di wilayahnya untuk segera menyelesaikan pembentukan gugus tugas pencegahan dan manipulasi. Kekerasan seksual atau Satgas PPKS. Seruan ini terkait dengan program percepatan pembentukan Satgas PPKS. Selain itu, imbauan ini menyusul surat nomor 4733/LL3/DT.01.01/2023 tanggal 5 September 2023 tentang jadwal pembentukan Satgas PPKS.

1. Gejolak Jenjang Pendidikan Gibran Rakabuming, Kemendikbud Beri Penjelasan

Pendidikan calon wakil presiden Prabow Subiant, Gibran Rakabuming Rak, menjadi sorotan belakangan ini. Putra pertama Presiden Joko Widodo ini dikabarkan hanya menyelesaikan pendidikan SMA.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam menginformasikan hal itu. Menurutnya, Gibran menyandang gelar Bachelor of Science dari University of Bradford di Singapura.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri atas nama Gibran Rakabuming Raka. Dalam surat bernomor 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019 disebutkan, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford setara dengan gelar sarjana.

Baca Juga  Candi Prambanan merupakan pusat ibadah umat Hindu dunia, kunjungan wisata religi ditujukan untuk jutaan orang

Surat keputusan tersebut ditandatangani Direktur Jenderal Pendidikan dan Kemahasiswaan, Parisiyanti Nurwardani, pada 8 Agustus 2019. Dengan keputusan tersebut, Gibran diketahui telah menyelesaikan studinya di bidang Pemasaran.

2. Jaket ACO, jaket karya mahasiswa UGM yang dapat menyesuaikan suhu tubuh secara otomatis

Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada atau UGM menciptakan sebuah inovasi menarik bagi mereka yang kerap merasa kepanasan saat mengenakan jaket. Mereka memproduksi Jaket Automatic Comfort atau Jaket ACO, yaitu jaket yang dapat mengatur suhu secara otomatis dan menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar.

Periklanan

Ketua tim pengembangan jaket ACO Wahyu Agong Nugroho Jati menjelaskan jaket ACO dibuat dengan teknologi pendingin menggunakan kipas pendingin dan pemanas badan menggunakan bantalan pemanas. Sistem pemanas dan pendingin dapat bekerja secara otomatis berdasarkan parameter suhu yang diperlukan dan suhu lingkungan di dalam ruangan.

“Pengguna dapat mengatur batas suhu yang diinginkan saat mengenakan jaket tersebut,” kata Wahyu, Jumat 17 November 2023 seperti dikutip dari situs UGM.

Jaket ACO ini merupakan salah satu produk hasil Program Kreativitas Mahasiswa Berkarya Inovatif (PKM-KI) yang mendapat pendanaan dari Kemendikbud dan lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2023. di Bandung pada akhir November.

3. Kampus diminta segera membentuk gugus tugas PPKS, LLDikti akan mengapresiasinya

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III mengimbau pimpinan perguruan tinggi di wilayahnya untuk merampungkan pembentukan satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual atau gugus tugas PPKS. Seruan ini terkait dengan program percepatan pembentukan Satgas PPKS. Selain itu, imbauan ini menyusul surat nomor 4733/LL3/DT.01.01/2023 tanggal 5 September 2023 tentang jadwal pembentukan Satgas PPKS.

LLDikti Wilayah III menghimbau kepada perguruan tinggi yang masih dalam proses tender agar segera mempercepat prosesnya. Dalam tahap seleksi calon panitia seleksi atau calon anggota kelompok kerja PPKS. Setelah membuat kelompok kerja, pihak kampus harus mendaftarkannya melalui portalppks.kemdikbud.go.id.

Baca Juga  Toko coklat Louis Vuitton akan hadir di Singapura, yang pertama di luar Perancis

Dalam surat himbauan yang ditandatangani pada 16 November 2023, LLDikti wilayah III juga menyampaikan penguatan Satgas PPKS dan apresiasi terhadap perguruan tinggi. Kegiatan ini akan berlangsung pada minggu kedua atau ketiga bulan Desember 2023.

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram”Tempo.co Memperbarui”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *