4 makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria

TEMPO.CO, Jakarta – Pola makan dan nutrisi yang tepat juga berdampak besar pada kesehatan reproduksi pria. Makanan yang seimbang dan mengandung nutrisi penting dapat meningkatkan kesehatan kesuburan pria dan mendukung kualitas sperma yang baik.

Berikut beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria:

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah dan sayur kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan membantu melindungi sperma dari kerusakan oksidatif dan menjaga integritas DNA sperma. Contoh buah dan sayur yang baik adalah jeruk, mangga, bayam, dan wortel.

Sebuah penelitian terhadap 250 pria yang spermanya dianalisis di klinik kesuburan menunjukkan bahwa pria yang makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan (legum), memiliki konsentrasi sperma lebih tinggi dan motilitas sperma lebih baik dibandingkan pria yang makan lebih sedikit. Sayuran.

2. Ikan

Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang menunjang kualitas sperma. Sebuah penelitian kecil mengaitkan jumlah konsumsi ikan yang lebih tinggi dengan motilitas sperma yang lebih baik.

Manfaat ikan bagi kesehatan sperma kemungkinan besar disebabkan oleh tingginya konsentrasi asam lemak omega-3, namun peran ikan dalam kesehatan sperma secara keseluruhan masih belum jelas. Mengonsumsi ikan dapat membantu jika dijadikan alternatif daging merah atau daging olahan.

Periklanan

3. kenari

Dikutip dari Kedokteran UChicago, Pada tahun 2012, dalam sebuah penelitian kecil, peneliti menugaskan 117 pria berusia antara 21 dan 35 tahun untuk makan atau tidak makan sekitar 18 buah kenari setiap hari selama 12 minggu.

Para peneliti menganalisis parameter sperma sebelum dan sesudah masa penelitian. Mereka menemukan peningkatan vitalitas sperma yang signifikan hanya pada kelompok kacang-kacangan.

Baca Juga  Cara Berinvestasi Cerdas Di Lubuklinggau Luar Biasa

4. Telur

Dikutip dari KedokteranNet, Telur merupakan salah satu makanan yang dapat memberikan efek positif pada jumlah sperma. Telur mengandung vitamin D, protein berkualitas tinggi, dan seng yang penting untuk kesuburan pria. Seng membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Pilihan Redaksi: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Bagi Anda yang Ingin Cepat Hamil



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *