5 tips membuat resolusi tahun baru untuk mencapai kebebasan finansial

TEMPO.CO, JakartaMenjelang tahun baru 2024, hampir sebagian besar orang mulai membuat perencanaan Resolusi tahun baru datang. Secara umum, resolusi tahun yang akan datang dimaksudkan untuk melengkapi resolusi tahun sebelumnya yang belum terealisasi.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keputusan adalah keputusan atau pendapat bulat yang berupa permintaan atau permohonan yang ditetapkan melalui rapat (musyawarah, pengadilan); pernyataan tertulis, biasanya berisi klaim tentang sesuatu.

Dari sini, resolusi umumnya adalah hal-hal yang ingin kita capai di tahun baru mendatang dan menuliskannya, karena resolusi bisa lebih dari 2.

Tips membuat resolusi tahun baru untuk keuangan

secara umum keputusan Orang-orang Tahun Baru memang berfokus pada keuangan, seperti tujuan menabung, kepemilikan properti, dan kebebasan finansial. Berikut beberapa tips membuat resolusi tahun baru untuk kebebasan finansial yang bisa Anda coba.

1. Menyiapkan rencana anggaran yang realistis

Evaluasi keadaan anggaran belanja Anda berdasarkan tahun ini. Apakah terlalu boros atau terlalu hemat atau biasa-biasa saja?

Dari sana, Anda bisa memperkirakan berapa angka anggaran belanja bulanan Anda. Kalau bingung, bisa ditulis saja dalam bentuk prediksi atau rentang, misalnya anggaran bulanan Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Kemudian buat juga perkiraan anggaran biaya sekolah jika sudah memiliki anak, anggaran hiburan, pembelian kebutuhan sekunder, dan anggaran tabungan pada bulan tersebut.

2. Mengurangi belanja konsumen

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan masyarakat untuk berbelanja kapanpun dan dimanapun. Hal ini justru menimbulkan konsumerisme sehingga sejalan dengan peningkatan belanja konsumen.

Oleh karena itu, dalam merencanakan anggaran kebutuhan sekunder dan hiburan, buatlah sesuai kenyataan dan berkomitmenlah untuk tetap berpegang pada rencana 1 tahun ke depan.

3. Pertimbangkan untuk meminimalkan penggunaan kartu kredit Anda

Beberapa orang cukup pintar dalam menggunakan kartu kredit sehingga mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan bagi mereka keuangan.

Baca Juga  Aplikasi tes mengalami kegagalan massal, peserta UTBK harus menunggu 2 jam di Unpad

Namun jika ternyata menggunakan kartu kredit justru membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak. Jadi pertimbangkan untuk membatasi penggunaan kartu kredit atau tidak menggunakannya sama sekali.

4. Rencanakan untuk mencari aktivitas lain untuk mendapatkan uang tambahan

Periklanan

Tidak dapat dipungkiri pasca pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat Indonesia yang bergelut dengan pinjaman online yang cukup menyesakkan.

Jika resolusi Tahun Baru Anda adalah melunasi utang-utang tersebut, maka mulailah mempertimbangkan aktivitas apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan selain pekerjaan Anda saat ini.

Misalnya, Anda memutuskan untuk membuka toko online yang menjual barang-barang atau memulai bisnis katering dan makanan.

5. Menabung dan berinvestasi secara konsisten

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk mencapai tingkat kehidupan sejahtera Anda saat ini adalah melalui tabungan dan investasi.

Menabung merupakan kegiatan umum yang cukup familiar. Namun, dalam hal berinvestasi, masih ada masyarakat yang enggan melakukannya.

Padahal investasi tersebut bisa dijadikan salah satu bentuk passive income yang cukup menguntungkan dengan keuntungan yang menjanjikan.

Kunci untuk mewujudkan resolusi tahun baru adalah konsistensi dan tekad untuk mewujudkannya di tahun depan.

Selain itu, resolusi Anda berfokus pada pencapaian standar hidup sejahtera dan bebas hutang. Oleh karena itu, tekad dan konsistensi dalam pelaksanaan seluruh rencana belanja menjadi kunci keberhasilan solusi keuangan di tahun mendatang. Semoga beruntung.

HERZANINDYA MAULIANTI

Pilihan Editor: 5 resolusi tahun baru yang cocok untuk karir cerdas di awal tahun



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *