6 Jenis Buah-buahan yang Disebutkan dalam Al-Qur’an, Berikut Daftar Khasiatnya

TEMPO.CO, Jakarta – Al-Quran merupakan kitab suci petunjuk bagi umat Islam, juga berbicara tentang tumbuhan dan buah-buahan yang bermanfaat bagi manusia. Dilaporkan dari berbagai sumber, ada 6 buah yang tercantum di dalamnya Al-Qur’an beserta kandungan dan manfaatnya :

1. Anggur

Laporan dari Jurnal Sains Terapan Dunia, anggur Disebutkan sebanyak 14 kali dalam Al-Qur’an, termasuk satu kali dalam Surat An Nahl. Nabi sangat menyukai buah anggur yang dikeringkan, dan direndam dalam air, buah anggur kaya akan flavonoid dan procyanidins. Buah ini digunakan untuk mengobati diare, varises, peradangan, hepatitis dan sebagai penangkal radikal bebas.

2. Pisang

Surat Al Waqiah menyebutkan tentang pisang. Laporan dari pertanian.jogjakota.go.idPisang kaya akan mineral terutama zat besi untuk pembentukan hemoglobin sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita anemia. Mengandung potasium yang mengatur tekanan darah, berbagai vitamin dan serat yang baik. Uniknya, setiap warna kulit pisang memberikan manfaat yang berbeda-beda.

3. Gambar

Buah ara tidak hanya disebutkan dalam ayat saja, namun Allah SWT menyebutnya dengan nama daun. Surah At-Tiin tepatnya. Adapun kandungannya adalah vitamin A, B, C, mineral seperti magnesium, potasium, tembaga dan zat besi. Buah tin tidak mengandung lemak, menekan kadar gula darah dan cocok dikonsumsi sebagai bagian dari program gizi sehat.

4. Tanggal

Laporan dari iainkudus.ac.idPada kurma yang masih mentah, buahnya digunakan sebagai obat flu dan batu ginjal, bila sudah matang berfungsi sebagai pembantu buang air kecil dan pemulihan setelah melahirkan. Kurma mengandung kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin dan protein.

5. Zaitun

Laporan dari mesjidui.ui.ac.id, Zaitun tercantum dalam surat Di Tin, buah ini memiliki asam lemak tak jenuh dan jenuh, termasuk omega-9, omega-6, asam palmitat, asam stearat. Kandungan tersebut mampu menurunkan risiko jantung, melawan kanker, diabetes, nyeri sendi, dan melembabkan wajah.

Baca Juga  5 Gejala Gagal Jantung Paling Umum, Waspadai

6. Delima

Berdasarkan situs kominfo.jatimprov.go.id, delima bijinya khas, bercahaya dan banyak airnya. Kandungannya kaya akan vitamin dan mineral, antioksidan dan serat. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat aktif bernama asam ellagic pada buah delima mampu mempercepat penyembuhan luka.

Pilihan Editor: Negara dengan produksi semangka terbesar di dunia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *