6 manfaat kesehatan yang jarang diketahui dari minum air es

TEMPO.CO, Jakarta – Beberapa orang sering mengkonsumsinya air es setiap hari. Saat udara sedang panas dan terik matahari, air es kerap menjadi pilihan untuk melepas dahaga. Saat kemarau panjang, masyarakat akan menaruh air di lemari es untuk digunakan sehari-hari.

Tapi sering-seringlah minum air es. Hal ini sering dianggap tidak sehat karena kandungan mineral pada air akan berkurang. Selain itu, sebagian orang percaya bahwa minum air dingin merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan dalam jangka panjang. Kepercayaan ini didasari oleh anggapan bahwa meminum air dingin akan membuat perut Anda berkontraksi sehingga membuat makanan lebih sulit dicerna setelah makan.

Namun ternyata mengonsumsi air es memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dari berbagai sumber, berikut kami rangkum manfaat minum air es:

1. Membantu membakar kalori dalam tubuh

Minum air putih sebagai pengganti minuman manis baik untuk pencernaan dan menjaga berat badan dalam jumlah sedang, meskipun air yang Anda minum lebih dingin.

Laporan dari saluran kesehatan, minum air es dapat membantu Anda membakar sejumlah kalori ekstra saat mencernanya, karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. Namun, minum air es bukanlah cara menurunkan berat badan yang efektif.

2. Menjaga kesegaran tubuh setelah berolahraga

Minum air es saat berolahraga dapat membantu mencegah tubuh kepanasan dan membuat olahraga lebih sukses. Minum air es akan memudahkan tubuh Anda menjaga suhu tubuh tetap rendah.

3. Membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh

Air es berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga meminumnya dapat membantu mencegah penumpukan racun yang berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda. Meski air dingin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun penting untuk dipahami bahwa air dingin sebaiknya tidak dikonsumsi jika Anda sedang pilek, batuk, atau flu.

Baca Juga  Kementerian Keuangan memberikan fasilitas senilai Rp146,7 miliar untuk 3 proyek SPAM KPBU

4. Menurunkan demam dan mengobati sakit tenggorokan

Dilaporkan dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan suatu peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Suhu panas yang dialami tubuh saat demam dapat diredakan dengan beberapa cara, antara lain dengan meminum air es dan mengenakan pakaian yang nyaman serta dapat menyerap keringat.

Saat Anda demam dan sakit tenggorokan, tubuh juga perlu mendapatkan asupan cairan yang baik untuk mencegah dehidrasi. Dalam hal ini, air es dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengisi kembali cairan tubuh yang hilang.

5. Kulit sehat

Jika Anda tidak terhidrasi dengan baik, kulit akan terasa kasar, kering, dan kehilangan elastisitasnya. Minum air putih atau air es yang cukup akan menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mandi es atau air dingin dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga membuat kulit tampak lebih terhidrasi dan segar.

6. Memperlancar pengeluaran batu ginjal bersama urin

Batu ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kebiasaan kurang minum air putih. Asupan cairan yang cukup dapat membantu kerja ginjal dalam mencegah terbentuknya batu ginjal dan mengeluarkan batu ginjal berukuran kecil.

Jika Anda bosan minum air putih, coba tambahkan air perasan air lemon atau jeruk nipis dalam air dingin untuk rasa asam. Selain itu, rasa asam yang kita rasakan akibat adanya asam sitrat di dalamnya dipercaya dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Pilihan Editor: Benarkah Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *