9 Gejala Depresi yang Terkadang Tidak Anda Sadari, Termasuk Emosi Negatif

TEMPO.CO, JakartaDepresi adalah gangguan psikologis, yang lebih banyak mempengaruhi perempuan dibandingkan laki-laki. Menurut ciputrahospital.com, separuh populasi orang dewasa berusia 55 tahun ke atas pernah mengalaminya. Berikut ciri-ciri yang sering tidak disadari.

1. Kecemasan berlebihan

Seseorang yang mengalami kecemasan berlebihan yang diikuti dengan durasi dan frekuensi tidak normal. Mungkin beberapa momen bisa menjadi pemicunya, misalnya stres karena beban kerja yang berat.

2. Perubahan perilaku dan suasana hati yang signifikan

Ciri-ciri depresi lainnya adalah perubahan suasana hati yang cenderung cepat. Ketika orang-orang di sekitar Anda mulai memperhatikan perubahan suasana hati ini, maka bisa dipastikan ada sesuatu yang tidak baik pada diri Anda. Karena perubahan ini tidak mudah disadari oleh penyandang disabilitas, maka diperlukan bantuan orang lain atau profesional.

3. Hilangnya minat terhadap aktivitas favorit

Salah satu cirinya mungkin seseorang mulai mengurangi intensitas aktivitas yang disukainya. Misalnya tidak jalan-jalan bersama teman.

4. Perubahan pola makan

Secara tidak langsung, cara makan seperti ini bisa berkaitan dengan kesehatan mental. Anda bisa menambah atau menurunkan berat badan karena tidak peduli dengan kalori yang Anda konsumsi. Ini mungkin pertanda bahwa kondisi mental Anda sedang tidak baik.

5. Mengubah tingkat rasa percaya diri

Ketika seseorang menjadi tidak bisa fokus dan menemukan hal-hal yang ingin dikembangkan dan terobsesi dengan cerita masa lalunya. Diduga ia menderita depresi. Karena setiap orang mempunyai sesuatu yang diinginkan dan perlu dikembangkan dalam dirinya.

Periklanan

6. Perubahan mode tidur

Pola tidur seseorang bisa mempengaruhi banyak hal, termasuk kesehatan mental. Ada baiknya untuk melacak pola tidur karena hal ini dapat membantu durasi tidur dan jumlah energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas.

Baca Juga  Daftar pelanggaran hak asasi manusia Israel versi PBB

7. Sakit fisik

Jika terjadi stres dan perubahan mood, tubuh akan bereaksi secara tidak langsung. Merasa lelah dan sakit secara fisik tanpa alasan yang jelas bisa menjadi gejala depresi.

8. Kesulitan mengikuti kegiatan sekolah

Sering datang terlambat atau tidak mempunyai tenaga untuk menyelesaikan tugas bisa menjadi tanda bahwa anak atau siswa mengalami depresi.

9. Emosi negatif lebih dominan

Emosi negatif Hal ini sejalan dengan gangguan depresi. Sehingga penderitanya akan memiliki emosi negatif yang mempengaruhi kehidupannya dan kehidupan orang lain. Termasuk kesehatan emosional dan fisik.

Pilihan Editor: Nasihat psikolog tentang cara menghindari depresi berulang



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *