Akibat pemanasan global, 3 pantai di Eropa akan menyusut

TEMPO.CO, Jakarta – Pemanasan global menyebabkan tiga hal Pantai Eropa akan mengalami penyusutan garis pantai. Ketiga pantai tersebut adalah Pantai Mackenzie di Siprus, San Tedora di Italia) dan Pantai Blavand di Denmark.

Ketika lapisan es di kutub mencair dan permukaan air laut naik, garis pantai di Eropa dan sekitarnya terancam. Hal ini juga mempengaruhi kualitas dan tingkat kebersihan air.

Pantai Mackenzie merupakan salah satu destinasi favorit keluarga lokal di Larnaca dan wisatawan di Siprus. Pesisirnya ditumbuhi pohon palem. Namun kini keadaannya dalam bahaya. Akibat naiknya permukaan air laut, garis pantai diperkirakan menyusut 660,9 meter pada tahun 2100.

Sementara menurut Pusat Penelitian Gabungan Komisi Eropa, pantai San Tedora Italia menyusut 514,2 meter akibat naiknya permukaan air.

Selain pantai Mackenzie dan San Tedora, pesisir pantai Blavand di Denmark juga masuk radar krisis iklim. Pantai ini juga diperkirakan menyusut secara signifikan pada tahun 2100, dengan air bergerak hingga 181,1 meter mendekati pantai.

Solusi terhadap naiknya permukaan air laut

Krisis iklim telah menyebabkan lebih dari 28 triliun ton es mencair dalam dua dekade terakhir saja. Selama periode ini, permukaan air laut naik rata-rata 34,6 milimeter di seluruh dunia. Menurut NASA Research dan Visual Capitalist, sejak tahun 1970-an, rata-rata suhu global meningkat sebesar 0,15 hingga 0,20 derajat Celcius per dekade.

Periklanan

Ada beberapa kemungkinan solusi untuk hal ini perubahan iklim dan kenaikan permukaan air laut di pesisir Eropa dan di seluruh dunia. Hal ini termasuk membuat bukit pasir di sepanjang pantai, menanam tanaman air di bawah air untuk melawan korosi, dan meningkatkan penghalang di pantai.

Baca Juga  Ricky Soebagdja meminta tim bulu tangkis Piala Thomas dan Piala Uber tidak berpuas diri di laga kedua

Krisis iklim juga berdampak pada wilayah pesisir lainnya

Selain pantai-pantai di Eropa, sejumlah besar pantai berpasir di Asia, Afrika, dan Amerika juga menghadapi ancaman kenaikan permukaan laut. Di benua Asia, yaitu pantai Patuakhali dan Chattogram di Bangladesh, pantai Al Dayeen dan Al Khor di Qatar, serta pantai Royal Caribbean di Arab Saudi.

Sementara di Afrika, ancaman krisis iklim mengancam Pantai Landmark Nigeria, pintu masuk Pantai Elugushi dan Lekki, Nigeria. Di Amerika Serikat dan Amerika Selatan, enam pantai diperkirakan akan mengalami penyusutan garis pantai, antara lain Playa Akumal di Cancun du Mexico, Pantai Morro Branco di Beberibe, Brasil, dan Playa Veracruz di Panama City.

PERJALANAN+REKREASI

Pilihan Editor: 5 Rekomendasi Pantai Pacitan Termasuk Harga Tiketnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *