Anies menyebut integritas merupakan hal penting yang harus dikembalikan pemerintah

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden nomor satu Anies Baswedan mengatakan anugerah integritas harus dikembalikan kepada pemerintah. Hal itu diungkapkan Anies karena melihat keadaan Indonesia yang sedang mengalami kemunduran dalam aktivitas bernegara dan demokrasi.

Oleh karena itu, kami akan berencana, Insya Allah mengembalikan integritas menjadi prioritas utama dalam menjalankan pemerintahan, kata Anies dalam Dialog Terbuka Universitas. muhammadiyahSurakarta, Rabu 22 November 2023.

Anies menegaskan, integritas menjadi pedoman penting dalam menjalankan pemerintahan. Dia sebelumnya menyinggung rekor penurunan aktivitas kenegaraan dan demokrasi di Indonesia dalam konteks kebebasan pers, demokrasi, dan persepsi korupsi.

Dalam pemaparannya pada dialog terbuka tersebut, Anies memperkenalkan Silandia, terdapat tren penurunan indeks demokrasi, indeks kebebasan pers, dan indeks persepsi korupsi antara tahun 2015 hingga 2022. Berdasarkan data yang disampaikan Anies, indeks demokrasi berkisar antara 7,03 hingga 6,71. Sedangkan indeks kebebasan pers meningkat dari 59,25 menjadi 54,83. Kemudian indeks persepsi korupsi turun dari 36 menjadi 34. “Tahun 2015 sampai 2022 kita turun. Indeks kebebasan pers turun, indeks persepsi korupsi turun,” kata Anies.

Anies mengingatkan, integritas itu penting. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut jalan NKRI dibangun para pejuang karena keutuhannya. “Mengapa negara Indonesia menyetujui pendirian tersebut?” Anies bertanya kepada hadirin.

Anies menjawab, pejuang pendiri bangsa ini punya integritas karena mengesampingkan kepentingan pribadi. “Karena masyarakat melihat pendiri republik ini adalah orang-orang yang berintegritas dan melampaui kepentingannya sendiri,” kata Anies. “Jadi mereka dapat dipercaya tanpa syarat. Kepercayaan tanpa syarat.”

Periklanan

Anies meyakini integritas dalam pengelolaan pemerintahan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat. Anies menyinggung perjuangan Yogyakarta dan Jawa Tengah yang pernah menjadi pusat revolusi fisik.

Baca Juga  Inter Milan Kalahkan Genoa 2-1 di Liga Italia, Simone Inzaghi Ungkap 6 Hal Menarik

Anies mengatakan, karena para pejuang berjuang dengan jujur, masyarakat memberikan dan mendukung mereka dengan segala yang mereka miliki. “Semua orang menyumbangkan segalanya. Ada yang menyumbangkan nyawanya, apapun yang dimilikinya. Karena mereka tahu ini didirikan dengan tujuan mulia dan orang-orang yang berintegritas,” ujarnya.

Anies kembali menegaskan integritas akan dikembalikan kepada pemerintah. “Kita harus membawanya kembali,” katanya.

Pilihan Editor: Ganjar Pranowo menawarkan ekonomi syariah dalam dialog dengan PP Muhammadiyah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *