Arkhan Kaka bersinar di tim Piala Dunia U-17, ayahnya tidak mengelolanya

“Sejak awal, saya tidak menyangka tidak akan melibatkan dia dalam sepak bola. Itu mengalir begitu saja. “Saya hanya memberikan pendapat kepada Kak bahwa sepak bola adalah hidup saya, itulah cara saya memantapkan diri,” kata Purwanto di Pusat Informasi Piala Dunia U17 2023 di Surabaya, Kamis, 16 September 2023.

Arkhan Kaka sudah lama menjadi pusat perhatian Kejuaraan Dunia U-17 2023. Ia mencetak dua gol bersama timnas Indonesia di babak penyisihan grup. Dia mencetak satu gol melawan Ekuador dan satu lagi melawan Panama.

Purwanto sendiri telah membela puluhan klub Liga Indonesia antara lain Persija Jakarta, Persitara Jakarta Utara, Persijatim, Pelita Jaya, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Arema, Persidafon Dafonsoro, dan Semen Padang. Di Persebaya, karier Purwant kurang cemerlang.

Dari klub yang dibelanya, Semen Padang punya kesan tersendiri. Sebab di klub tersebut ia berhasil menembus timnas Indonesia. Hal itu terjadi setelah ia berhasil mencetak 18 gol dalam satu musim.

Dari latar belakang tersebut, Purwanto memutuskan untuk mengamati aktivitas putranya yang memulai sepak bola dari jarak jauh. Tak sempat berbincang soal sepak bola dengan putranya, hingga akhirnya ia melihat keseriusan Arkhan Kaka.

“Saya bilang ke istri saya, tinggalkan dia sepak bola. Dia sudah bagus sejak akademi, sejak sekolah dasar. Itu mengejutkan saya juga. Saya hanya tahu dia ada latihan sepak bola setiap hari. Dia bahkan pergi ke latihan SSB sendirian dengan sepeda. ,” kata Purwanto.

Arkhan Kaka diketahui mendapat pengalaman di SSB Mitra Tunas Muda Blitar dan bergabung dengan PSBK Pemuda Blitar. Legenda Persia, Bambang Pamungkas, merupakan pemain idola Arkhan Kaka.

Kerja keras Kaka akhirnya membuahkan hasil. Pada Oktober 2021, ia dibawa ke Bhayangkara Pro Academy dan bermain untuk klub Bhayangkara Youth. Ia pindah kurang dari setahun, bergabung dengan Persis Solo U-20 pada Februari 2022.

Baca Juga  Heru Budi mengenang 7 mahasiswa KJP yang terlibat tawuran dan mengacungkan celurit di Jakarta Barat

Periklanan

Pada tahun berikutnya, tepatnya pada Januari 2023, Kaká resmi promosi ke tim senior Persis Solo. Bahkan ia mencatatkan namanya dalam sejarah Liga Indonesia sebagai pemain termuda yang debut di papan atas Indonesia dalam usia 15 tahun 7 bulan 2 hari.

Saat itu, Arkhan tampil sebagai pemain pengganti saat Persis Solo kalah 1-3 saat menjamu Persib Bandung di BRI Liga 1 2022/2023, Selasa 4 April 2023. Di timnas Indonesia, selain bermain untuk Garuda Muda U – Berusia 17 tahun, Arkhan Kaka juga tercatat sebagai pemain timnas U-16 dan U-20 Indonesia.

“Masih proses buat dia, masa depannya masih panjang. Ada banyak hal yang harus dilalui. Semoga Piala Dunia ini menjadi konfirmasi pertama bahwa dia bisa mencari nafkah dari sepak bola, kata Purwanto tentang putranya yang bermain bersama timnas di Stadion Gelora Bung Tomo.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *