AS ingin Tiongkok menyampaikan pesan kepada Iran tentang pengurangan eskalasi konflik Timur Tengah

TEMPO.CO, JakartaAmerika Serikat ingin Cina menggunakan saluran komunikasinya dengan Iran untuk menyampaikan pesan bahwa Washington tidak ingin melihat eskalasi konflik di kawasan Timur Tengah. Pada Kamis, 16 November 2023, koordinator komunikasi strategis Gedung Putih, John Kirby, mengumumkan hal tersebut dalam wawancara telepon dengan pers.

“Menurut saya, kita tahu bahwa Tiongkok mempunyai saluran komunikasi.” Iran yang jelas-jelas tidak kami miliki,” kata Kirby.

Pernyataan tersebut menanggapi wartawan yang menanyakan apakah Presiden AS Joe Biden telah menerima jaminan dari Presiden Tiongkok Xi Jinping bahwa ia akan menggunakan pengaruhnya di Iran untuk menekan Teheran dan proksinya agar berhenti menyerang pasukan AS di Timur Tengah.

Pentagon, atau Departemen Pertahanan AS, telah melacak 55 serangan terhadap tentaranya di Irak dan Suriah sejak 17 Oktober. Kelompok yang didukung Iran di Suriah dan Irak terus menyerang pasukan AS yang terlibat dalam misi mengalahkan Negara Islam di Irak dan Levant (ISIS).

Komandan tertinggi Pasukan Quds Iran juga mengatakan front perlawanan mendukung kelompok militan Hamas yang didukung Teheran dalam perangnya dengan Israel di Gaza.

Hamas telah memerangi pasukan Israel sejak 7 Oktober – perang terbaru yang terjadi dalam sejarah panjang pendudukan Israel di wilayah Palestina – setelah kelompok tersebut melancarkan serangan di Israel yang telah menewaskan sekitar 1.200 orang.

Setidaknya 11.470 orang telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober, namun Kementerian Kesehatan Gaza belum memperbarui jumlah tersebut selama beberapa hari karena runtuhnya sistem kesehatan di wilayah kantong tersebut.

Periklanan

“Saya pikir itu tidak berarti kita tidak bisa mengirim pesan ke Iran, dan kita sudah melakukannya dengan eskalasi ini.” Namun kita tahu bahwa Tiongkok memiliki lebih banyak jalur komunikasi langsung yang terbuka bagi mereka,” kata Kirby.

Baca Juga  Sekar Tandjung Resmi Didukung Golkar di Pilkada Terpisah 2024, Masuk Radar PKS

Saat ditanya apakah Biden menyampaikan pesan tersebut kepada Xi saat pertemuan bilateral kedua pemimpin pada Rabu, 15 November 2023, Kirby menolak memberikan rincian lebih lanjut mengenai pembicaraan tersebut.

“Tetapi saya dapat memberitahu Anda bahwa kami tahu (Tiongkok) mempunyai pengaruh,” katanya. “Kami tahu mereka mempunyai banyak saluran komunikasi, dan kami tentu ingin mereka menggunakannya untuk mencapai tujuan tersebut.”

Reuters

Pilihan Editor Warga Gaza kelaparan, banyak yang makan sekali sehari atau makan bawang mentah dan terong



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *