Bagi mereka yang takut terbang, inilah kursi pesawat paling aman menurut pakar penerbangan

TEMPO.CO, Jakarta – Orang yang gugup setiap kali ingin mengemudi pesawat terbang, atau yang sekedar penasaran mungkin pernah memikirkan kursi pesawat mana yang paling aman jika terjadi kecelakaan. Ternyata ada jawabannya berdasarkan statistik.

Dan Bubb, profesor di Universitas Nevada, Las Vegas, mengatakan sebenarnya ada tempat yang lebih aman untuk duduk di pesawat. Terutama di bagian belakang pesawat, ujarnya seperti dilansir Travel and Leisure, Sabtu 12 November 2023.

Menurut analisis TIME pada tahun 2015 terhadap data Federal Aviation Administration (FAA) selama 35 tahun, tingkat kematian untuk kursi di sepertiga bagian belakang pesawat adalah 32 persen, sedangkan kursi di sepertiga tengah memiliki tingkat kematian sebesar 39 persen dan kursi di bagian belakang pesawat memiliki tingkat kematian sebesar 39 persen. bagian tengah pesawat memiliki tingkat kematian sebesar 32 persen, pada 39 persen sepertiga bagian depan memiliki tingkat kematian sebesar 38 persen.

Lebih khusus lagi, kursi tengah di bagian belakang pesawat secara statistik adalah yang paling aman, dengan tingkat kematian hanya 28 persen. Sebagai perbandingan, kursi lorong di tengah kabin memiliki tingkat kematian sebesar 44 persen.

Tapi itu hanyalah peluang keseluruhan berdasarkan berbagai kecelakaan pesawat sebelumnya. Misalnya, ketika United Airlines Penerbangan 232 jatuh di Sioux City, Iowa pada tahun 1989, sebagian besar dari 184 orang yang selamat duduk di sepertiga tengah pesawat. Dalam bencana Tenerife tahun 1977 kecelakaan pesawat yang paling mematikan, menewaskan 583 orang, 61 orang yang selamat sebagian besar duduk di depan pesawat Pan Am yang terlibat dalam kecelakaan itu.

Hal ini bergantung pada situasi spesifik yang mungkin timbul, jadi memilih tempat duduk berdasarkan kemungkinan selamat dari kecelakaan mungkin bukan ide terbaik. Tentu saja, ada sedikit keberuntungan, dan pesawat terbang umumnya merupakan alat transportasi yang paling aman. Apalagi duduk di bagian belakang pesawat tidak selalu nyaman.

Baca Juga  Rekap Hasil Akhir French Open 2024: China Raih 3 Gelar, India, Korea Raih Satu Gelar

“Data menunjukkan bahwa meskipun kursi teraman berada di bagian belakang pesawat, kursi tersebut juga paling tidak nyaman saat terjadi turbulensi,” David Rimmer, CEO AB Aviation Group dan salah satu penyintas kecelakaan pesawat, mengatakan kepada Travel + Leisure. Belum lagi gangguan karena letaknya yang dekat dengan toilet dan dapur.

Periklanan

“Karena rendahnya kemungkinan terjadinya kecelakaan, turbulensi merupakan kondisi yang lebih sering terjadi dan harus dihindari oleh sebagian besar penumpang yang mengalami ketakutan,” kata Rimmer. Dia menyarankan penumpang memilih kursi yang sedikit “kurang aman” di dekat bagian tengah pesawat untuk menghindari dampak terburuk dari potensi udara buruk.

Jika memang ingin memilih tempat duduk yang lebih aman, sebaiknya pilihlah tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar. Berdasarkan penelitian kemampuan bertahan hidup dari kecelakaan FAA, pesawat seharusnya dapat melakukan evakuasi sepenuhnya dalam waktu 90 detik, itulah sebabnya ada begitu banyak pintu darurat di dalam pesawat. Analisis terhadap lebih dari 100 kecelakaan pesawat pada tahun 2011 yang dilakukan oleh Universitas Greenwich menemukan bahwa penumpang yang berjarak lima baris dari pintu keluar lebih mungkin untuk dievakuasi dengan aman dari pesawat.

Jadi tidak masalah kursi mana yang Anda pilih, karena terbang adalah salah satu transportasi paling aman. Bahkan jika Anda mengalami kecelakaan pesawat, peluang Anda untuk bertahan hidup secara keseluruhan bagus. Menurut studi Dewan Keselamatan Transportasi Nasional tahun 2020, 98,2 persen penumpang mengalami kecelakaan. bertahun-tahun antara tahun 2001 dan 2017, selamat dengan luka ringan atau tanpa luka, 0,6 persen selamat dengan luka berat, dan 1,3 persen mengalami luka fatal.

Daripada berfokus pada memilih kursi pesawat yang lebih aman, ada beberapa langkah lebih baik yang bisa Anda ambil untuk memastikan keselamatan jika terjadi keadaan darurat. “Perhatikan instruksi pramugari, termasuk demonstrasi keselamatan,” kata Bubb.

Baca Juga  Gemetar saat tidur malam: Penyebab, manfaat dan solusinya

Selain itu, ambillah kartu keamanan di saku belakang kursi dan bacalah dengan cermat. Hitung berapa baris pintu keluar terdekat sehingga penumpang dapat menemukannya dalam jarak yang lebih pendek. Dan jangan pernah membuang waktu untuk mengambil barang sebelum keluar darurat dari pesawat, keluarlah secepat mungkin.

Pilihan Editor: Tips mencari tiket pesawat terbaik, harga murah belum tentu menguntungkan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *