Bawaslu DKI mengungkap tanda dan batasan kampanye di kampus

TEMPO.CO, Jakarta – Masa kampanye di Indonesia akan dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta atau Bawaslu menyatakan telah menginformasikan kepada seluruh peserta parpol mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Salah satunya Bawaslu DKI Jakarta yang akan menyoroti kegiatan kampanye di bidang pendidikan

“Kalau dulu kampanye di bidang pendidikan tidak boleh, sekarang boleh. Ini juga menjadi perhatian kami, kata Koordinator Bidang Hukum, Diklat Bawaslu DKI Sakhroji saat dihubungi Tempo, Senin, 4 Desember 2023.

Sakhroji merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 65/PUU-XXI/2023 tentang tempat yang boleh dijadikan tempat kampanye politik. Hal ini juga diatur dalam Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2023. Salah satu fokusnya adalah pada tempat-tempat yang boleh berkampanye di tempat-tempat pendidikan seperti universitas, institut, sekolah menengah, politeknik, akademisi dan sejenisnya. Tentu saja SD, SMP, dan SMA tidak termasuk.

Namun penyelenggaraan kampanye di kampus dapat dilakukan dengan syarat tertentu. Salah satunya, penanggung jawab kampus sekolah, mengirimkan undangan kepada salah satu calon.

“Cara yang bisa dilakukan hanya dua, yaitu rapat terbatas atau tatap muka. “Tidak boleh memakai perlengkapan, tidak boleh memasang materi kampanye, tidak boleh mendistribusikan materi kampanye,” kata Sakhroji.

Periklanan

Dalam PKPU tersebut di atas, kampanye hanya dapat dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Jika izin sudah diperoleh, petugas kampanye dapat melaporkan salinannya ke KPU, Bawasl, atau polisi. Selain itu, petugas kampanye dapat menginformasikan ke tingkat provinsi dan kota.

Dalam hal ini Bawaslu bertugas memastikan adanya pemberitahuan dan izin dari penanggung jawab penyelenggara kampanye. “Jadi kami tidak mencari-cari kesalahan, tapi kami memastikan dan meluruskan,” kata Sakhroji.

Baca Juga  Prabowo berjanji akan menaikkan gaji untuk mengurangi korupsi, kata ICW

Pilihan Redaksi: Top 3 Metro: Dugaan Pelanggaran Aturan Kampanye yang Dilakukan Gibran di Penjaringan dan CFD Thamrin



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *