Beasiswa Nieman dibuka kembali, beasiswa untuk 24 jurnalis dari seluruh dunia

TEMPO.CO, Jakarta – Nieman Foundation telah membuka kembali pendaftaran Nieman Fellowship untuk angkatan 2025. Via beasiswa Saat ini ada 24 di antaranya wartawan peserta akan dipilih untuk tahun akademik 2024-2025 di Universitas Harvard. 12 orang untuk warga negara AS dan internasional.

Pendaftaran bagi warga negara Amerika Serikat dibuka hingga 31 Januari 2024. Sedangkan batas waktu pendaftaran bagi warga negara non-Amerika adalah 1 Desember 2023. Pendaftaran dilakukan secara online di nieman.slideroom.com.

Apa itu Masyarakat Nieman?

Nieman Fellowship adalah kesempatan pendidikan dari Nieman Foundation yang terbuka untuk jurnalis di semua media di seluruh dunia. Penerima terpilih menyelesaikan program dua semester penuh di Universitas Harvard untuk mengambil kelas-kelas dengan pemikiran terbaik universitas. Peserta juga dapat mengikuti berbagai acara Nieman, berkolaborasi dengan kolega dan kelas di universitas lokal lainnya, termasuk MIT dan Tufts.

Menurut situs resminya, Nieman Foundation setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada 24 jurnalis yang bekerja di media cetak, penyiaran, digital, dan audiovisual. Semua calon penerima beasiswa harus fasih berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.

Semua pelamar Nieman Fellowship harus bekerja sebagai jurnalis dengan setidaknya lima tahun pengalaman media penuh waktu. Namun, pekerjaan di bidang jurnalisme yang diselesaikan selama studi tidak dianggap sebagai praktik profesional. Profesional yang bekerja di bidang hubungan masyarakat atau posisi yang fokus utamanya bukan media tidak berhak melamar.

mendapatkan apa

Sejumlah manfaat ditawarkan kepada calon penerima Nieman Fellowship, antara lain:

1. Biaya sekolah
Nieman Foundation menanggung biaya kuliah di Harvard untuk masing-masing mitra dan pasangan penerima beasiswa Teman Nieman.

2. Tunjangan biaya hidup
Teman Nieman akan menerima tunjangan hidup sebesar $85.000. Tunjangan ini akan dibayarkan selama sembilan bulan.

Baca Juga  BMKG memperkirakan Jakarta pagi ini berawan, dan hujan hampir merata pada malam ini

3. Asuransi kesehatan
Nieman Foundation juga menyediakan asuransi kesehatan hingga $6.000 untuk anggota dan pasangan. Selain itu, ada $3.500 untuk setiap anak di bawah 18 tahun.

4. Tunjangan penitipan anak
Tunjangan ini ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun dan berkisar antara $8.000 hingga $14.000 tergantung pada jumlah anak. Ditambah lagi, jika anak tersebut berusia tiga tahun atau lebih muda, ada tambahan $7.000.

Persyaratan dokumen pendaftaran

Periklanan

Semua pelamar Nieman Fellowship harus melengkapi formulir aplikasi online. Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan sebagai bagian dari pendaftaran adalah sebagai berikut:

1. Dua esai
Pelamar harus menyerahkan dua esai, yaitu Pernyataan pribadi minimal 1.000 kata dan proposal studi Harvard minimal 500 kata.

2. Profil pendek
Pelamar harus menulis profil singkat tidak lebih dari 100 kata. Melalui profil singkat, para kandidat merangkum karir profesional mereka, termasuk posisi saat ini, publikasi yang mereka tulis, penghargaan jurnalisme yang telah mereka menangkan, topik dan isu yang menjadi minat tertentu, dll.

3. Contoh karya jurnalistik
Persyaratan ini harus dikirimkan melalui unggahan file atau URL. Pelamar juga dapat memberikan halaman ringkasan yang menjelaskan pekerjaan mereka.

4. Tiga surat rekomendasi
Pelamar memerlukan tiga surat rekomendasi rahasia yang menunjukkan bagaimana keterampilan, pengalaman, potensi, kepemimpinan dan dampak beasiswa terhadap karir jurnalisme pelamar.

Rekomendasi hanya boleh ditulis oleh rekan profesional dan atasan langsung. Artinya dua rekan profesional yang mengetahui pekerjaan pelamar dan dapat mengomentari keterampilan jurnalistik pelamar serta potensi untuk berkembang dan menjadi pemimpin. Sedangkan atasan langsung adalah atasan yang mempunyai penilaian terhadap kualifikasi pelamar.

Garis Waktu Seleksi Beasiswa Nieman

Bagi kandidat internasional atau bukan warga negara Amerika Serikat, berikut jadwal seleksinya:

Baca Juga  Walhi mengapresiasi pengawasan organisasi keagamaan dalam pengelolaan pertambangan tidak berdampak pada kerusakan lingkungan

1 Desember: Batas waktu pendaftaran
April : Pengumuman tahap awal dan undangan tahap wawancara
Mei: Penawaran beasiswa
Juni: Siaran pers pengumuman kelas
Agustus: Program dimulai

Pilihan Editor: Australia Buka Beasiswa Short Course Bidang Pendidikan dan Vokasi, Berikut Syaratnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *