Berikut cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

TEMPO.CO, Jakarta – Latihan biasanya selalu dijadikan ukuran pengurangan berat. Tapi apakah mungkin menurunkan berat badan meski tanpa olahraga? Meski terdengar sulit, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Salah satunya adalah mengikuti pola makan yang sesuai.

Berikut beberapa tips cara menurunkan berat badan tanpa melakukannya olahraga secara intensif.

1. Kunyah makanan Anda secara perlahan

Dikutip dari saluran kesehatan, mengunyah makanan secara menyeluruh akan memperlambat makan. Hal ini dapat mengurangi asupan makanan dan membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda bisa makan dengan porsi lebih kecil. Seberapa cepat Anda menyelesaikan makan juga dapat memengaruhi berat badan Anda. Ini cara mudah untuk menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan.

2. Makan banyak protein

Protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan glukagon-like peptida-1. Protein dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

3. Makan makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Serat kental sangat membantu dalam mengurangi nafsu makan dan asupan makanan. Serat ini membentuk gel yang memperlambat pencernaan.

4. Minumlah air secara teratur

Periklanan

Minum air dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminumnya sebelum makan. Minum air sebelum makan dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

5. Tidur malam yang nyenyak dan hindari stres

Dalam hal kesehatan, orang sering mengabaikan tidur dan stres. Padahal, keduanya berpengaruh kuat terhadap nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu pengaturan hormon nafsu makan, khususnya leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat stres. Fluktuasi hormon-hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, sehingga menyebabkan asupan kalori lebih tinggi.

Baca Juga  Diagnosis kanker limfoma Hodgkin masih rendah, kenali gejala dan pengobatannya

6. Hindari minuman manis

Laporan dari Pencegahankonsumsi tinggi minuman manis, seperti soda, latte, dan makanan penutup, dapat menyebabkan kelebihan kalori. Meminum minuman tersebut dapat menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh. Rasa manis yang tersembunyi pada semua jenis makanan seperti saus tomat, roti, saus salad, dan lain-lain bisa menambah bobot karena mengandung tambahan gula.

Pilihan Editor: Apakah Anda ingin pola makan yang sehat? Lakukan 5 hal berikut ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *