Bertajuk Rancang Debat Capres Tanpa Saling Bantah, TKN Prabowo-Gibran: Ikut KPU

TEMPO.CO, Jakarta – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-GibranHerzaky Mahendra Putra pun bereaksi terhadap laporan yang diajukan pihaknya debat presiden dan calon wakil presiden tanpa saling bertentangan. Kubu Prabowo-Gibran disebut-sebut menginginkan pertemuan kebijakan yang lebih mendalam.

Herzaky mengatakan, pihaknya sepenuhnya mengikuti aturan KPU atau KPU untuk debat calon presiden dan wakil presiden. “Bergabunglah dengan KPU,” ujarnya saat dihubungi melalui WhatsApp pada Kamis, 7 Desember 2023.

Memang politikus Partai Demokrat kaget karena posisi kubu Prabowo-Gibran masih dipertanyakan jelang debat pertama capres-cawapres pada Selasa, 12 Desember 2023. “Perasaan kami jelas terhadap sikap kami,” dia berkata.

Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Hasyim Asyari mengatakan, debat pilpres calon presiden dan wakil presiden digelar sebanyak lima kali. Debat pertama mengenai calon presiden, kedua dilanjutkan dengan debat wakil presiden, dan debat ketiga yang merupakan bagian dari uji ide didedikasikan untuk calon presiden. Sedangkan debat cawapres empat bagian. Terakhir, debat kelima dilanjutkan dengan debat calon presiden.

Debat pertama tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik dan keharmonisan masyarakat sipil, kata Hasyim di kantor KPU, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Topik debat kedua dengan calon wakil presiden, kata Hasyim, adalah topik ekonomi yang meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Debat ketiga dengan calon presiden akan membahas topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat capres keempat membahas tentang pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, kemasyarakatan, dan desa.

Topik-topik terkini untuk beberapa calon presiden antara lain adalah jaminan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. “Ini akan menjadi debat pertama hingga debat kelima dan bagian siapa yang akan berbicara dalam debat itu,” ujarnya.

Baca Juga  F1 Danau Toba 2024: Rusty Wyatt, Pembalap Debut Jadi Juara

Periklanan

Ia menyatakan, KPÚ juga telah menyiapkan nama-nama panelis yang akan menjadi pembicara dalam setiap debat capres dan cawapres sesuai topik. “Kami memberikan masing-masing tim calon satu, dua, dan tiga pilihan untuk mengusulkan nama panelis yang harus diserahkan ke KPU,” ujarnya.

Nama-nama panelis akan kembali diusulkan paling lambat pada Jumat, 8 Desember 2023. Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas siapa yang akan menjadi moderator. Ia menyatakan, dalam setiap debat ada dua moderator yang memimpin debat, yaitu seorang laki-laki dan seorang perempuan.

“Masih kami kembangkan,” katanya. Nama moderator, kata dia, akan diusulkan oleh masing-masing tim kandidat beserta nama panelisnya pada 8 Desember 2023. Namun Hasyim enggan membeberkan nama moderator debat tersebut.

“Jadi moderator akan memimpin debat capres-cawapres dari satu sampai lima, dengan dua moderator, laki-laki dan perempuan,” ujarnya. Namun, ia menyimpulkan, moderator tetap perlu berkonsultasi dengan tim kandidat.

Selain itu, dalam pertemuan dengan tim tiga pasangan tersebut, Hasyim mengaku mengundang 50 orang dari masing-masing tim calon untuk mengikuti debat.

HAN REVANDA PUTRA

Pilihan Editor: Muhaimin Sebut AMIN Tak Punya Pembina Jelang Debat Capres dan Cawapres



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *