Bisakah diabetes disembuhkan?

TEMPO.CO, JakartaDiabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa (gula darah) dalam darah, yang lama kelamaan menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Diabetes ada dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Pada tipe 1, tubuh tidak memproduksi insulin, sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh tidak menggunakan insulin secara efektif atau tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.

Namun diabetes yang paling umum terjadi adalah diabetes tipe 2. Diabetes ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Selama 3 dekade terakhir, prevalensi diabetes tipe 2 telah meningkat secara dramatis di negara-negara dengan semua tingkat pendapatan.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, sebagian besar dari mereka tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan 1,5 juta kematian disebabkan oleh diabetes setiap tahunnya. Jumlah kasus dan prevalensi diabetes terus meningkat dalam beberapa dekade terakhir.

Bisakah diabetes disembuhkan?

Saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara permanen. Namun, pendekatan manajemen dan pengobatan yang tepat dapat membuat gejala lebih terkontrol atau bahkan memungkinkan pasien menjalani hidup hampir tanpa gejala.

Periklanan

Dikutip dari WebMD, Meskipun tidak ada obat untuk diabetes, penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini dapat disembuhkan pada beberapa orang. Melalui perubahan pola makan dan penurunan berat badan, Anda dapat mencapai dan mempertahankan kadar gula darah normal tanpa obat.

Ini tidak berarti Anda sembuh total, karena diabetes adalah penyakit yang berkelanjutan. Bahkan jika Anda dalam masa remisi atau tidak lagi menjalani pengobatan dan gula darah Anda tetap dalam kisaran yang sehat, selalu ada kemungkinan gejalanya akan kembali.

Baca Juga  Gembong Narkoba Fredy Pratama Susah Ditangkap, Polisi: Dilindungi Gangster di Thailand

Meski demikian, ada orang yang dapat mengontrol glukosa dan masalah kesehatan akibat diabetes selama bertahun-tahun tanpa kesulitan. Caranya adalah dengan menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan tidak hanya dapat membantu mengelola diabetes, menurunkan berat badan dalam jumlah yang cukup dapat membantu Anda hidup bebas diabetes. Apalagi jika Anda baru mengidap penyakit tersebut selama beberapa tahun dan tidak membutuhkan insulin.

Pilihan Editor: Benarkah diabetes berisiko lebih tinggi menyebabkan pneumonia?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *