Cak Imin enggan menilai kinerja penegakan hukum pemerintahan Jokowi

TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil presiden alias Muhaimin Iskandar Paman Imin mereka enggan memberikan penilaian terhadap penegakan hukum di pemerintahan Jokowi.

“Saya tidak perlu menghakimi,” kata Muhaimin sambil memalingkan muka saat ditemui di Jalan Widya Chandra IV nomor 23, Jakarta Selatan, Jumat, 24 November 2023.

Cak Imin mengatakan, hal itu terkait dengan penilaian calon presiden Ganjar Pranow yang memberikan lima poin pada penegakan hukum di masa pemerintahan Jokowi.

Cak Imin berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Anies merupakan calon presiden yang juga menyuarakan kritik keras terhadap pembangunan ibu kota negara atau IKN di Kalimantan Tengah.

Ada beberapa hal yang ditanggapi pasangan yang diberi akronim Anies-Imin alias Amin ini usai salat Jumat. Ia pertama kali dikunjungi oleh Forum Alumni Pergerakan Mahasiswa Nasional atau GMNI. Orang-orang dari GMNI datang untuk menyampaikan dukungannya kepada Bapak dan Ibu Amin.

Periklanan

“Kami berharap dukungan mereka mengarah pada tujuan yang sama, cita-cita Indonesia berubah menjadi lebih baik. Mereka akan menggerakkan sayap GMNI di seluruh Indonesia,” kata Cak Imin.

Sebelumnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, dalam lokakarya nasional Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar, Sabtu, 18 November, dirinya memberi nilai 5 dari 10 pada penegakan hukum era Jokowi. Putusan Mahkamah Konstitusi tentang syarat usia minimal calon presiden dan wakil presiden.

Tak hanya itu, Ganjar juga menyuarakan kritik terkait penegakan hukum dan demokrasi di Indonesia. Salah satunya dalam pidatonya saat pengundian nomor urut calon presiden dan wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum atau KPÚ, Selasa, 14 November, malam lalu.

Pilihan Redaksi: Prabowo Ogah Berhenti Saat Berpidato: Saya Tidak Buang Uang, Saya Buang Sedikit Waktu

Baca Juga  3 teratas dunia: 100 persen negara Muslim, pengunjuk rasa bentrok di UCLA



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *