Daftar potensi manfaat daun kemangi bagi kesehatan

TEMPO.CO, Jakarta Kemangi biasanya digunakan sebagai tambahan pada makanan seperti karedok, nasi uduk dan lalap dengan rasa dan aroma yang khas. Daun kemangi tidak hanya sekedar sebagai bahan pelengkap pangan saja, namun jelas memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai tanaman obat, sebagai pestisida alami bahkan untuk bidang pangan.

Karena manfaatnya, kemangi biasa diproduksi dalam bentuk kapsul sebagai suplemen atau obat herbal. Berikut beberapa manfaat kemangi.

  1. Meredakan demam dan pilek

Daun kemangi dapat digunakan untuk mengobati balita yang sedang demam atau pilek. Fitonutrien yang terkandung dalam daun kemangi dipercaya dapat mengobati penyakit malaria dan demam berdarah.

  1. Mata dan rambut sehat

Buah kemangi mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, seperti mengobati infeksi mata, meredakan stres pada mata, dan mencegah gangguan mata lainnya. Kemangi juga dapat menguatkan akar, mempercepat pertumbuhan dan menghilangkan ketombe pada rambut.

  1. Antiinflamasi

Kutipan WebMDKandungan antioksidan dan minyak atsiri seperti eugenol, linalool dan citronellol mampu mengurangi peradangan pada tubuh. Obat anti inflamasi ini dapat mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, dan infeksi usus. Selain itu daun kemangi juga bersifat antibakteri, dimana minyak atsirinya mampu melawan bakteri dan mengurangi infeksi pada saluran pernafasan, saluran kemih, lambung dan kulit.

  1. Ini mengurangi risiko penyakit jantung

Kemangi mengandung eugenol yang dapat menutup saluran kalsium sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Minyak esensial kemangi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Daun kemangi juga mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan fungsi arteri pada pasien stroke.

  1. Antioksidan

Daun kemangi mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada daun kemangi adalah flavonoid dan eugenol yang mampu mencegah virus, bakteri dan jamur.

  1. Periksa gula darah Anda
Baca Juga  Rumania dan Bulgaria resmi masuk wilayah Schengen, namun tanpa jalur darat

Periklanan

Mengonsumsi kemangi dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena mempengaruhi aktivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dikutip dari wanita luar biasa.ngminyak esensial dalam kemangi, yang dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, juga membantu menurunkan gula darah, karena keduanya termasuk penderita diabetes persisten.

  1. Aromaterapi

Selain dikonsumsi, manfaat kemangi juga bisa didapat dari minyaknya yang digunakan sebagai aromaterapi. Kandungan senyawa flavonoid pada daun kemangi berupa zat adaptogenik dapat membantu mengendalikan stres dan keseimbangan psikologis.

  1. Ini membantu dalam penurunan berat badan

Kemangi juga dapat membantu membakar lemak. Menurut Healthguide.ng, daun kemangi mampu membakar lemak dan menurunkan kolesterol. Yang mana kadar kolesterol dan lemak dapat menyebabkan obesitas. Selain itu, obesitas dapat menyebabkan penyakit lain seperti diabetes dan kerusakan ginjal.

Pilihan Editor: Resep ayam suwir dan nasi bakar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *