Demikian komentar Eric Thohir usai menyaksikan Jerman vs Prancis di final Piala Dunia U17 2023

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku senang menyaksikan duel timnas U17 Jerman melawan timnas U17 Prancis di laga final. Kejuaraan Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Pada pertandingan ini, Jerman menang adu penalti 4:3 setelah bermain imbang 2:2 di waktu reguler. Prancis yang sebelumnya tertinggal 2-0 berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan.

Paris Brunner mencetak gol pembuka melalui tendangan penalti pada menit ke-29. Itu adalah satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama.

Selanjutnya di babak kedua, Noah Darvich menggandakan keunggulan Jerman pada menit ke-51. Dua menit kemudian, Saimon Nadelia Bouabre mencetak gol pertama Prancis, membuat skor menjadi 2-1.

Jerman bermain dengan sepuluh orang setelah wasit mengeluarkan gol penentu kemenangan Marko Osawe pada menit ke-69 karena mendapat kartu kuning kedua. Prancis memimpin jumlah pemain pada menit ke-85 melalui Mathis Amougou dan gol kedua serta gol penyeimbang. Skor bertahan 2-2 hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Pemenang ditentukan melalui adu penalti. Kiper kedua tim berhasil menyelamatkan tendangan penalti sebanyak dua kali. Kemenangan Jerman dipastikan oleh pemain keenam, Almugera Kabar.

Laga final Piala Dunia U17 antara Prancis U17 dan Jerman U17 di Stadion Manahan, Solo, 2 Desember 2023. Tempo/Hilman Faturahman

Dengan hasil ini, Jerman kembali membuktikan keunggulannya atas Prancis. Sebelumnya, kedua tim ini juga pernah bertemu di final Euro U-17 2023. Der Panzer pun menang lewat adu penalti.

Periklanan

“Pertandingannya seru banget. Final jadi klimaksnya. Prancis menunjukkan mentalitas pantang menyerah. Meski sempat tertinggal, skor tetap berhasil mereka dapatkan dan memaksa pertandingan berakhir dengan adu penalti,” kata Erick. seperti dikutip dari keterangan yang dibagikan kepada media, Sabtu 2 Desember 2023.

Baca Juga  Pimpinan Demonstrasi Kecurangan Pemilu KPU, Mantan Danjen Kopassus Soenarko: Prabowo Tahu Segala Kecurangan

Erick yang juga menjabat Ketua LOC Piala Dunia U-17 memuji timnas Jerman U-17. “Jerman layak menjadi juara. Grafik performanya meningkat sejak kualifikasi. Mereka menyingkirkan tim-tim kuat Spanyol dan Argentina sebelum akhirnya bertemu Prancis di laga puncak,” ujarnya.

Ketua Umum PSSI berharap tontonan seru duel final ini bisa menjadi pembelajaran bagi sepak bola Indonesia. “Piala Dunia U17 menjadi contoh betapa pentingnya keseriusan pembinaan anak usia dini. Untuk membangun timnas senior yang solid harus didukung dengan pembinaan yang berkelanjutan,” ujarnya.

PSSI belajar banyak dari Piala Dunia U17, tidak hanya sebagai pengelola acara, tapi juga memikirkan masa depan dari sisi kepelatihan, kata Erick.

Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 akan digelar di empat kota, yakni Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Internasional Jakarta (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Manahan (Solo). Turnamen sepak bola internasional kelompok umur ini telah berlangsung sejak 10 November, dan puncaknya adalah pertandingan final antara Jerman dan Prancis pada Sabtu malam ini.

Pilihan Editor: Hasil Piala Dunia U17 2023: Jerman U17 menang adu penalti setelah mengalahkan Prancis U17



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *