Desa Bersatu dinilai dukung Prabowo-Gibran, Bawaslu akan bentuk panitia

TEMPO.CO, JakartaBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyelenggarakan panitia acara Temu Nasional Desa Bersatu yang memberikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran. Sebab, undang-undang pemilu menyatakan kepala desa tidak boleh ikut kampanye.

“Kami masih memanggil komisi untuk membuat rencana. Ya, secepatnya. Kepala desa dilarang ikut kampanye, kata Bagja saat ditemui di Kantor Staf Presiden Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 20 November 2023.

Bagja menjelaskan, pihaknya hanya berwenang menilai apakah ia melanggar proses persidangan atau tidak. Menurut Bagju, eksekusi akan dilakukan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

“Penerapan sanksi di KASN, kami tanya ke KASN, kami hanya bilang itu dugaan pelanggaran kasus ini, mohon ditindaklanjuti,” kata Bagja.

Temu Nasional Persatuan Desa dilaksanakan di Indonesia Arena Jakarta pada Minggu, 19 November 2023. Acara tersebut dihadiri ribuan kepala desa. Peserta acara berasal dari DPP APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia), DPN PPDI (Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Sarana Desa Indonesia) dan ABPEDNAS (Asosiasi Nasional Badan Pembina Desa).

Turut hadir DPP AKSI (Asosiasi Kepala Desa Indonesia), KOMPAKDESI (Komunitas Pensiunan Desa Seluruh Indonesia), PABPDSI (Asosiasi Anggota BPD Seluruh Indonesia), DPP PPDI (Asosiasi Sarana Desa Seluruh Indonesia) dan Persatuan Masyarakat Desa Indonesia. . Acara ini dihadiri calon wakil presiden Gibran Rakabuming Kanker.

Prabowo-Gibran dinilai sebagai pasangan yang bisa memenuhi aspirasi

Koordinator Desa Nasional Bersatu, Asri Anas, mengatakan pihaknya memahami bahwa kepala desa tidak boleh melakukan kampanye politik pada Pilpres 2024. Namun, dia mengatakan pasangan tersebut Prabu Subianto – Gibran Rakabuming Cancer yang paling bisa mengakomodir aspirasinya.

Periklanan

spanduk gambar

“Pertama, reformasi pemerintahan desa, dana desa Rp 5 miliar per tahun positif, penilaian terhadap pendamping desa, peningkatan kesejahteraan kepala desa, perwakilan desa dan seluruh organisasi pendukung. Kami juga meminta peningkatan kapasitas perangkat desa. “Nah, poin-poin ini sepertinya adalah Prabowo-Gibran,” kata Asri Anas tentang aspirasi yang disampaikan di Indonesia Arena, GBK, Jakarta.

Baca Juga  Kanada mengutuk serangan terhadap 7 relawan World Central Kitchen Charity di Gaza

Pada munas kali ini, Desa Bersatu memperkenalkan calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka.

PDIP menyinggung netralitas kepala desa

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyinggung soal netralitas saat ditanya soal ribuan desa yang mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo-Gibran.

“Memang tidak ada aturannya. Tapi saya berharap seluruh elemen bangsa bisa bekerja sama untuk menyelenggarakan pemilu dengan baik, jujur, adil, dan netral, tanpa memecah belah kita,” kata Puan usai pertemuan delegasi Mikta DPR di Gedung DPR, Jakarta. Istana Merdeka pada Senin, 20 November 2023.

“Saya baru membaca beritanya, lalu Kementerian Dalam Negeri mengatakan tidak ada aturan yang melarang perangkat desa mendukung salah satu calon dalam pemilu,” kata Puan.

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Koalisi Indonesia Maju terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Bulan Bintang, Partai Garuda, Partai Prima, Partai Gelora dan Partai Solidaritas Indonesia. Pasangan ini meraih nomor urut 3 pada Pilpres 2024.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *