Doni Monardo Dulu Pimpin BNPB, Apa Tugas Pokoknya?

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI (Purn) Doni Monardomereka mati. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto turut berbela sungkawa atas meninggalnya Doni Monardo, seraya mengakui almarhum merupakan sosok krusial dalam meraih kesuksesan karir militernya.

“Beliau adalah prajurit yang menjadi panutan bagi adik-adiknya. Sebelumnya saya operasi bersama, Operasi Seroja di Timor-Timor (sekarang Timor-Leste, red. note) pada tahun 1995. Beliaulah kaptennya saat itu, saya adalah yang kedua atas prestasi saya bisa seperti ini,” kata Agus Subiyanto usai melaksanakan upacara pemakaman militer Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jakarta, pada Senin, 4 Desember 2023.

Laporan dari Di antara¸ Sebagai sesama prajurit, Agus Subiyanto mengenang Doni sebagai sosok teladan yang berdedikasi, cerdas, dan fokus. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan dalam setiap operasi dan tugas yang diemban, baik sebagai Kepala BNPB maupun pada jabatan lainnya.

apa itu BNPB?

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB merupakan lembaga yang berperan penting dalam penanganan penanggulangan bencana di Indonesia. Diciptakan sebagai respon terhadap kompleksnya ancaman bencana di wilayah kepulauan Indonesia, BNPB mempunyai fungsi utama mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh.

Sejarah Singkat

Sejarah BNPB tidak terlepas dari perkembangan penanggulangan bencana di Indonesia sejak kemerdekaan. Mulai dari Badan Pertolongan Korban Perang pada tahun 1945 hingga Bakornas PB pada tahun 2000-2005 yang menangani krisis multidimensi, setiap tahapannya mencerminkan respon pemerintah terhadap perkembangan organisasi penanggulangan bencana.

Menurut situs resminya BNPBTransformasi terakhir terjadi pada tahun 2008 dengan lahirnya BNPB yang menjadi bentuk akhir dari lembaga legalisasi dan penanggulangan bencana.

Baca Juga  Kontrak habis Juli ini, Pupuk Indonesia memastikan tetap menyalurkan pupuk bersubsidi ke petani

Sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945, badan penanggulangan bencana mengalami transformasi dari BPKKP menjadi BNPB. Setiap periode mencerminkan respons terhadap situasi terkini, termasuk penanganan bencana alam, non alam, dan sosial.

Periklanan

Misalnya, bencana gempa dan tsunami Aceh tahun 2004 membuat lembaga yang saat ini dipimpin oleh Letjen Suharyanto ini memberikan perhatian serius terhadap penanggulangan bencana.

Pekerjaan dan fungsi

BNPB mempunyai tugas besar yang meliputi pencegahan bencana, penanganan darurat, pemulihan, dan rekonstruksi secara adil dan tidak memihak. Fungsi utamanya antara lain merumuskan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi, serta mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan komprehensif.

Wilayah Indonesia dan ancaman bencana

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, wilayah Indonesia memiliki kompleksitas geografis, geologi, hidrologi, dan demografi sehingga meningkatkan potensi ancaman bencana alam. Terletak di Cincin Api Pasifik dan pertemuan tiga lempeng tektonik aktif dunia, Indonesia memiliki 129 gunung berapi aktif. Faktor-faktor tersebut menjadikan penanggulangan bencana penting dalam membangun ketahanan nasional.

Dengan berbagai tahapan pembangunan dan transformasi, BNPB menjadi andalan Indonesia dalam menghadapi permasalahan bencana yang kompleks. Sebagai lembaga yang terus berkembang, BNPB terus berupaya meningkatkan koordinasi dan penanggulangan bencana untuk melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman yang beragam dan kompleks.

Pilihan Editor: Catatan Doni Monard yang menggagas pembentukan gugus tugas Covid-19



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *