Erdogan ingin Turki dan Iran bersatu dalam melawan kebrutalan Israel di Gaza

TEMPO.CO, JakartaPresiden Turki Recep Tayyip Erdoğan kata Presiden Iran Ebrahim Raisi bahwa dia ingin Turki dan Iran mengambil “sikap bersatu” melawan “kebrutalan” Israel terhadap Palestina.

Kedua pemimpin berbicara melalui telepon, dan panggilan tersebut “membahas serangan ilegal Israel di Gaza bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencapai gencatan senjata abadi di wilayah tersebut,” kata Direktorat Komunikasi Turki.

“Dalam seruannya, Presiden Erdogan menyatakan pentingnya dunia Islam, khususnya Turki dan Iran, untuk bersatu melawan kebrutalan Israel di tanah Palestina,” kata pernyataan itu.

Erdogan “mengatakan Iran dan Turki akan menjaga kerja sama untuk menjadikan gencatan senjata sementara menjadi permanen dan mencapai perdamaian abadi”.

Raisi mengatakan selama panggilan telepon: “AS tidak punya hak untuk campur tangan dan membuat keputusan apa pun untuk rakyat Gaza, dan langkah apa pun yang diambil ke arah ini pasti akan gagal,” lapor kantor berita negara. IRNA.

Dia menambahkan: “Rakyat Gaza harus memutuskan masa depan mereka melalui Hamas, sebagai pemerintahan yang sah dan sah yang dihasilkan dari pemungutan suara publik. Gazadan Amerika tidak mempunyai hak untuk campur tangan dan mengambil keputusan bagi rakyat Gaza dan tidak melakukan tindakan apa pun. pandangan mereka tentang hal itu pasti akan gagal.”

Sejak mewabah perang Hamas Israel Pada tanggal 7 Oktober, Erdogan mengambil sikap tegas terhadap Israel. Dia menyebut Israel sebagai “negara teroris”.

Periklanan

Erdogan mengatakan pada pertengahan November bahwa Turki akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa para pemimpin politik dan militer yang “secara keji” membantai orang-orang di Gaza diadili di pengadilan internasional, kantor berita negara melaporkan. Anatolia. “Jika Israel terus melakukan pembantaian, maka negara ini akan dianggap sebagai ‘negara teroris yang dikutuk secara umum’ di seluruh dunia.

Baca Juga  Hasil Piala FA: Chelsea melaju ke semifinal setelah mengalahkan Leicester City 4-2

Sementara Teheran lebih fokus pada peran AS dalam mendukung Israel. Raisi mengatakan pada awal November: “Mesin perang di Gaza berada di tangan Amerika, yang menghalangi gencatan senjata di Gaza dan memperluas perang. Dunia perlu melihat wajah Amerika yang sebenarnya.”

Raisi juga memperingatkan kemungkinan konflik antara Israel dan Hamas meluas ke wilayah lain – mengacu pada “poros perlawanan”, yang digunakan Iran untuk merujuk pada aliansi aktor non-negara di Timur Tengah yang menentang pengaruh Barat. , yaitu AS dan Israel. Poros ini mencakup Iran, Suriah, milisi Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Palestina.

AL ARABIA

Pilihan Editor: Sebuah kapal kargo asam fosfat milik seorang pengusaha Israel telah diserang di Yaman



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *