FIFA mengizinkan penggemar mengibarkan bendera Palestina selama Piala Dunia U17

TEMPO.CO, JakartaDemikian dilansir Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). FIFA mengizinkan suporter mengibarkan bendera Palestina di stadion selama Piala Dunia U-17 2023. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, pihaknya sudah mengoordinasikan hal tersebut dengan badan sepak bola dunia.

Erick mengatakan FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina sebagai simbol mendukung kemanusiaan dan melindungi hak asasi manusia.

“FIFA menghargai kebebasan berekspresi di atas perlindungan hak asasi manusia dan kemanusiaan. Dan itu sehubungan dengan pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI tegaskan tidak ada larangan apalagi sanksi,” kata Erick dikutip situs resmi PSSI, Kamis, November. 9.

Turnamen remaja dua tahunan ini akan dimulai pada Jumat, 10 November dan berlangsung hingga 2 Desember 2023 di Jakarta, Bandung, Sol, dan Surabaya. Negara tuan rumah Indonesia akan menghadapi Ekuador pada pertandingan pembuka Grup A hari Jumat di Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya.

Berdasarkan akun media sosial PSSI, tiket laga pembuka sudah terjual habis sehari sebelum laga atau Kamis 9/11.

Komite Disiplin PSSI sebelumnya mendenda Persiraja Banda Aceh, salah satu klub Liga 2 Indonesia, sebesar 10 juta rupiah setelah suporter mengibarkan bendera Palestina di lapangan usai laga melawan Semen Padang FC pada 21 Oktober 2023.

Tempo Tercatat, pengibaran bendera terjadi sesaat setelah wasit memberi tanda berakhirnya pertandingan dengan peluit panjang. Saat itu, pemain lawan dan ofisial pertandingan masih hadir.

Erick mengklarifikasi, persoalannya bukan pengibaran bendera Palestina, melainkan serbuan ke lapangan. “Pasca tragedi Kanjuruhan, kami sangat ketat menerapkan standar keselamatan di taman bermain,” tegasnya.

Menanggapi sentimen Erick Thohir, Ketua Komite Hukum PSSI Ahmad Riyadh mengatakan pendukung bisa menunjukkan solidaritasnya terhadap Palestina melalui kursi dan tribun stadion. Namun, Riyadh mendesak para penggemar untuk tidak menyerbu lapangan karena akan melanggar peraturan dan keamanan.

Baca Juga  Prosesi pemakaman Soe Hok Gie dari Gunung Semeru diistirahatkan di Museum Taman Prasasti

PUTRI RADEN

Pilihan Editor: Piala Dunia U17 2023; Presiden FIFA Gianni Infantino berterima kasih kepada Jokowi, Erick Thohira

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *