Firli Bahuri tak menanggapi panggilan Dewas lagi hari ini, Juru Bicara KPK: Besok akan konfirmasi

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri hari ini, Senin, 13 November 2023, baik Dewas KPK maupun Dewan Pengawas tidak menanggapi panggilan tersebut. Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan Dewas KPK telah memindahkan pemanggilan terhadap Firli Bahuri yang sebenarnya sudah dilakukan hari ini.

Sesuai surat resmi Dewas KPK yang menjadwalkan ulang tanggal pemeriksaan Pimpinan KPK dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, kata Ali saat dikonfirmasi Tempo, Senin, 13 November 2023.

Ali mengatakan Firli Bahuri meminta pemanggilannya ditunda karena purnawirawan jenderal polisi bintang tiga itu sudah punya jadwal hari ini. Penundaan tanggal pemeriksaan ini dilakukan karena pada awal undangan pemeriksaan Pak FB sudah diagendakan untuk kegiatan lain, kata Ali Fikri.

Ali mengatakan, Firli Bahuri sudah memastikan akan hadir pada pemanggilan besok, Selasa 14 November 2023. “Pak Firli Bahuri sudah memastikan akan hadir untuk memenuhi panggilan pemeriksaan sesuai tanggal yang ditentukan,” Ali dikatakan.

Ali mengatakan, dirinya akan memberikan keterangan kepada Firli kepada Dewas KPK pada pemeriksaan besok terkait pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian tersebut Syahrul Yasin Limpo dan tuduhan pemerasan. “Dalam penyidikan ke depan, Pak FB pasti akan menjelaskan permasalahan tersebut secara jelas dan terbuka sehingga membantu Dewas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses peninjauan penegakan etik,” kata Ali.

Ali yakin Dewas KPK akan profesional dan independen dalam mengambil keputusan mengenai etika tersebut. Dia meminta masyarakat menunggu hasil penyidikan hingga keputusan Dewas KPK. Mari kita ikuti proses penyidikan di Dewas dan tunggu keputusannya. Kami yakin dengan profesionalisme dan independensi Dewas dalam mengusut dan memutuskan untuk menegakkan etik tersebut sesuai amanat undang-undang, kata Ali.

Baca Juga  Pengamat Prediksi Anies Baswedan Maju Pilkada 2024, Persiapan Pilpres 2029

Periklanan

Sebelumnya, Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengatakan pihaknya akan memanggil Firli Bahuri hari ini. Klarifikasi FB (Firli Bahuri) dijadwalkan Senin, 13 November pukul 10.00 WIB, kata Albertina Ho kepada wartawan, Sabtu, 11 November 2023. Dewan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membatalkan penyidikan terhadap Firli Bahuri pada Jumat. , 27 Oktober 2023. Firli meminta agar penyidikan ditunda hingga setelah 8 November 2023 dan setelah pemeriksaan terhadap empat pimpinan KPK lainnya.

ADE RIDWAN YANDWIPUTRA | KEBAIKAN PRIBADI

Pilihan Editor: IM57 meminta Polda Metro Jaya segera menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *