Ganjar meminta pemerintah mengendalikan harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru

TEMPO.CO, Balikpapan – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta pemerintah berperan dalam mengendalikan kenaikan tersebut harga bahan pokok yang selalu keluar menjelang Natal dan Tahun Baru 2024. Pengumuman itu disampaikan Ganjar usai berdialog dengan beberapa pedagang di Pasar Baru, Klandasan Ilir, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa, 5 Desember 2023.

Saya ulangi, Bulog harus mengambil kendali lagi, kata Ganjar kepada wartawan.

Menurutnya, sistem yang berlaku saat ini “sangat liberal” dengan harga yang lebih dominan dikendalikan oleh pasar. “Sekarang (harus) dikuasai lagi oleh negara dan harus dikendalikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menyebutkan 2 faktor lain yang perlu dibenahi pemerintah. Pertama, stabilisasi sisi produksi dengan menggunakan data.

“Saya berulang kali menyampaikan data-data Indonesia, termasuk data penting pertanian. Data lahan, berapa jumlah petani yang kita miliki, komoditasnya di mana, dan sebagainya,” kata Ganjar.

Kedua, dilakukan mekanisasi dan penerapan teknologi agar produktivitas dapat maksimal. Berdasarkan informasi media center Tim Kemenangan Nasional (TPN) yang disiarkan di Jakarta, Ganjar mengunjungi Pasar Baru, Klandasan Ilir pada pukul 09.20 WITA, kemudian sarapan bersama masyarakat di Warkop Miki pada pukul 09.55 WITA.

Periklanan

Acara dilanjutkan dengan pertemuan dengan TPD, calon legislatif koalisi dan relawan di Hotel Swiss-bel pada pukul 10.35 WITA, kemudian pada pukul 11.55 WITA akan dilaksanakan salat Dzuhur di Masjid Raya At-Taqwa Balikpapan.

Ganjar akan menemui pimpinan koalisi dan relawan untuk makan siang di Warung Makan Jogja pada pukul 12.30 Wita.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Pelatihan Kerja Disabilitas di Loka Bina Karya Balikpapan pada pukul 13.40 WITA. Ganjar akan mengunjungi Pondok Pesantren Syaichona Cholil di Balikpapan pada pukul 15.10 Wita.

Baca Juga  Kenali 6 fitur bertenaga AI yang terdapat di Google Pixel 8 Pro

Pada acara malam hari pukul 18.55 WITA, Ganjar menyapa para tokoh adat Dayak dan lintas agama di Swiss Hotel Balikpapan untuk acara makan malam. Terakhir, Ganjar mengikuti acara calon presiden yang terdiri dari bertemu generasi milenial, GenZ, dan influencer lokal di Hobbies Coffee & Lounge.

Pilihan Editor: Kampanye di Donggal, Ganjar Pranowo berjanji akan memperkuat sistem mitigasi bencana



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *