Ganjar mengalahkan Prabowo dalam jajak pendapat Charter Politico, kata Gibran

TEMPO.CO, Solo – bakal calon wakil presiden (bawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Rakamenanggapi hasil survei terbaru lembaga Charta Politika yang dipublikasikan pada Senin, 6 November 2023.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas calon presiden Ganjar Pranowo di posisi pertama, disusul oleh Prabowo Subianto di posisi kedua, dan Anies Baswedan di posisi terakhir.

Nanti lihat survei dari SMRC, Pak Qodari (Indo Barometer) dan survei Populi, kata Gibran saat ditemui awak media di Gedung DPRD Kota Solo usai menghadiri rapat paripurna DPRD Kota Solo, Selasa malam. 7 November 2023.

Gibran mendaftar sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya yang juga mendaftar ke KPU adalah: Anies Baswedan– Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut Gibran, hasil survei terhadap satu lembaga saja tidak bisa dijadikan acuan. Karena kalau dari satu lembaga saja, itu bias. “Silakan bandingkan dengan jajak pendapat lain,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk mengecek hasilnya nanti. “Referensinya lebih banyak (hasil survei). Lihat saja. Oma mau dapat kabar gembira gan (Jika semua orang menginginkan kabar buruk, biarlah), katanya.

Sebaliknya, saat dimintai tanggapan atas adanya warga yang meragukan dirinya mendaftar sebagai calon wakil presiden, Jibran mengaku tak masalah. Menurut dia, penilaian terserah warga.

“Tolong ragukan itu bukan apa pun. Kami bertanya kepada warga siapa yang menilai tinggi, Baiklah terima kasih (ya, terima kasih),” ujarnya.

Survei terbaru Charter Politika menunjukkan elektabilitas calon presiden Ganjar Pranow berada di posisi teratas. Di posisi kedua ada Prabowo dan terakhir Anies Baswedan.

Periklanan

“Dalam simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo menjadi pilihan tertinggi dengan perolehan 36,9 persen. Disusul Prabowo Subianto 35,3 persen dan Anies Baswedan 24,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Senin, 6 November 2023.

Baca Juga  Kata Abdullah DPR Calon PDIP peraih suara nasional terbanyak mengalahkan Dedi Mulyadi Puan Maharani

Dalam simulasi terpilihnya dua tokoh antara Ganjar dan Anies, politikus Partai Demokrat Perjuangan (PDIP) Indonesia itu tetap menempati posisi teratas.

“Pada simulasi dua nama pertama, Ganjar Pranowo unggul 45,6 persen dari Anies Baswedan dengan 34,8,” kata Yunarto.

Namun elektabilitas Menhan akan meningkat pada pertarungan antara Prabowo dan Ganjar. Keunggulan Prabow sebesar 44,4 persen dan Ganjara 40,8 persen.

Dibandingkan dengan Anies, Piagam Kebijakan mencatat, bagus Prabowo dia terbang ke langit. Ia berada di posisi 50,1 persen, unggul jauh dari Anies yang elektabilitasnya hanya 29,5 persen.

Survei Piagam Politika ini menggunakan sampel sebanyak 2.400 responden dari 38 provinsi. Survei akan dilakukan pada tanggal 26 hingga 31 Oktober 2023 secara langsung. Margin of error jajak pendapat ini mencapai 2,0 persen.

Pilihan Redaksi: Juru Bicara Anies Sebut Anwar Usman Terbukti Pelanggaran Etik Serius, Tapi Tetap Hakim



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *