Ganjar Pranowo berbicara tentang upah pekerja di Jawa Tengah, yang terendah di Indonesia

TEMPO.CO, JakartaCalon presiden Ganjar Pranowo mengaku kerap didiskreditkan karena upah buruh di Jateng paling rendah di Indonesia. Ia pun mengaku sudah memperbaiki masalah tersebut.

“Saya sering didiskreditkan karena mengatakan Jawa Tengah upah buruhnya paling rendah,” kata Ganjar saat berpidato di acara 100 Ekonom Indonesia di Jakarta Selatan, Rabu, November. 8 Agustus 2023.

Namun, tambahnya, banyak pabrik yang pindah ke Jawa Tengah, yang merupakan pertanda pertumbuhan ekonomi.

Merujuk laman resmi provinsi jatengprov.go.id, Upah Minimum Provinsi atau UMP Jateng tahun 2023 memang paling rendah se-tanah air yakni Rp 1.958.169,69. Jumlah tersebut meningkat 8,01 persen atau Rp 145.234,26 dibandingkan UMP tahun sebelumnya sebesar Rp 1.812.935.

Namun Ganjar mengatakan, Pemerintah Jawa Tengah berupaya mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di daerah dengan mengkaji empat permasalahan utama.

“[Workers are] takut anaknya tidak bisa sekolah, keluarganya tidak mendapat Jamkesa (jaminan kesehatan). “Mereka khawatir tidak memiliki akomodasi yang baik dan terbebani dengan biaya transportasi yang tinggi,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Oleh karena itu, Ganjar mengaku mengusulkan beberapa intervensi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pertama, pemerintah memberikan gratis biaya sekolah bagi seluruh anak pekerja, BPJS Kesehatan bagi seluruh pekerja dan keluarganya, serta perumahan bersubsidi murah (rusunami) atau rumah sewa murah (rusunawa) di kawasan industri.

Keempat, kami menetapkan harga tiket bus Trans Jateng sebesar Rp 2.000, kata Ganjar Pranowo. “Ini memecahkan masalah mereka, membantu mereka berhemat dan mengirim dengan lancar.”

AMELIA RAHIMA SARI

Pilihan Editor: Ganjar Pranowo mengatakan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan mengumpulkan para calon wakil presiden

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Saat Anda kehabisan bahan bakar di perjalanan mudik lebaran, berikut cara mendapatkan layanan pengiriman bahan bakar pertamina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *