Gunung Dukono Halmahera meletus pagi tadi

TEMPO.CO, Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG Gunung Dukono di Pulau Halmahera di Provinsi Maluku Utara terjadi letusan pada Selasa 21 November 2023 pukul 07:33 WIB dan mengeluarkan abu vulkanik ke arah barat.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono Bambang Sugiono mengatakan dalam laporan yang dirilis PVMBG, kolom abu tebal berwarna putih hingga abu-abu yang keluar dari gunung tersebut berada pada ketinggian sekitar 1.900 meter dari puncak.

“Saat laporan ini disampaikan, erupsi masih berlangsung,” kata Bambang.

Pantauan PVMBG, pada 20 November 2023 pukul 00.00 hingga 24.00 WIT, Gunung Dukono mengeluarkan asap kawah tebal hingga ketinggian 100 hingga 2.300 meter dari puncak.

Gunung berapi tersebut juga mencatat 24 kali gempa erupsi dengan amplitudo 8 hingga 34 mm dengan durasi 30,81 hingga 79,65 detik, enam kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 7 hingga 30 mm dengan durasi 55,42 hingga 160,96 detik. guncangan gempa yang terus menerus dengan amplitudo 1 sampai 10 mm.

Periklanan

Bambang mengimbau warga sekitar Gunung Dukono untuk tidak melakukan aktivitas, mendaki atau mendekati kawah Malupang Warirang dalam radius dua kilometer.

Warga juga diimbau untuk menimbun masker untuk menghindari dampak buruk abu vulkanik terhadap kesehatan, mengingat Gunung Dukono rutin mengeluarkan abu vulkanik.

Pilihan Editor: Prakiraan cuaca Jawa Barat minggu ini, Bodebek dan Pantura hujan setiap hari

Selalu update informasi terbaru. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Jelang arus mudik lebaran, KPPU meminta 7 maskapai ini tidak menaikkan harga tiket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *