Harga cabai naik, pedagang di pasar Senen kerap diprotes pembeli

TEMPO.CO, Jakarta – Kenaikan harga cabai Hal ini menyebabkan para pedagang di Pasar Senen memprotes pembeli. Namun para pedagang mengaku tak bisa berbuat apa-apa karena harga cabai dari pemasok sudah naik.

“Harganya terus naik pada minggu ini,” kata Nur, salah satu penjual sayur di kiosnya Pasar SenenMinggu sore, 12 November 2023.

Perempuan 25 tahun itu menuturkan, kenaikan harga cabai terjadi belakangan ini. Bulan lalu dia masih menjual cabai dengan harga Rp 50-60 ribu per kilogram. “Sekarang kami jual Rp 100 ribu dari modal Rp 75 ribu,” ujarnya.

Meski banyak pembeli yang protes, Nur mengaku tak bisa berbuat apa-apa. “Pembeli mengeluh, kenapa harganya mahal? “Namun mereka tetap berbelanja kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Pedagang cabai lainnya, Agung Maulana, juga kerap mendapat protes dari pembeli karena harga cabai berfluktuasi. “Iya ada keluhan, tapi mau bagaimana lagi,” ujarnya.

Meski mengalami kesulitan, karena harga cabai yang fluktuatif, pria berusia 23 tahun ini memutuskan untuk tetap berjualan cabai bersama sayuran lainnya. “Jualnya susah, apalagi harganya sudah naik, tapi alhamdulillah masih banyak (pembeli) daripada tidak punya stok,” kata Agung.

Periklanan

Pedagang lainnya, Yudha, 25 tahun, mengaku terpaksa menaikkan harga karena harus menyesuaikan harga barang dari pemasok. “Minggu ini cabainya naik lagi. Modalnya sekarang Rp 85.000, penjualannya dari Rp 90.000 menjadi 100.000, ”ucapnya.

Data Bank Indonesia melalui laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis per 11 November 2023 menunjukkan semua jenis cabai mengalami penurunan. harga naik. Harga cabai merah besar diperkirakan Rp71.650 per kilogram, naik 13,1 persen dari pekan sebelumnya. Harga cabai merah keriting Rp 86.650 dengan kenaikan 18,13 persen. Cabai rawit hijau Rp 68.350 per kilogram atau meningkat 6,55 persen.

Baca Juga  Napi kabur dari Lapas Tangerang, ditangkap di Kasui, Lampung Utara

Harga cabai rawit merah mencapai Rp 97.500. Jumlah tersebut semakin menjauh dari harga acuan yang ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 17 Tahun 2023 yaitu Rp 40.000-57.000 per kilogram.

Pilihan Editor: Harga cabai rawit merah di pasar tradisional naik Rp 20-25 ribu



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *