Harga Cabai Sedang Naik Daun, Berikut Tips Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama

TEMPO.CO, Jakarta – Berdasarkan data panel harga dari website Badan Pangan Nasional, rata-rata harga cabai merah keriting kini mencapai Rp59.850 per kilogram atau meningkat 1,22 persen dibandingkan pekan lalu. Harga rata-rata cabai rawit merah Rp71.810 per kilogram, meningkat 1,61 persen.

Di tengah masalah pertumbuhan harga yang konstan, kita harus berurusan dengan penyimpanan cabai yang bagus supaya tidak cepat busuk dan masih bisa dipakai untuk memasak. Pemenang MasterChef musim kedua Desi Trisnawati mengatakan, agar cabai tidak cepat busuk, sebaiknya disimpan dalam keadaan kering dan tidak basah.

“Simpan dalam keadaan kering, jangan disimpan dalam keadaan basah,” ujarnya.

Penggunaan cabai yang busuk atau tidak cocok akan mengubah cita rasa makanan. Selain itu, cabai yang tidak segar juga memiliki risiko bakteri yang berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi. Risiko bakteri juga berlaku pada bahan masakan lain yang sudah tidak segar lagi, tidak hanya cabai.

“Rasanya pasti akan berubah dan ada risiko bakteri yang ada bisa menyebabkan keracunan makanan. “Itu berlaku untuk bahan apa pun yang tidak segar,” kata Desi.

Pilih yang segar saat berbelanja
Cabai dengan nama latin Capsicum annum L merupakan salah satu bumbu masakan yang rasanya tidak bisa digantikan oleh bumbu lainnya. Rasa pedas segar dari cabai mampu menggugah selera orang yang memakannya.

Periklanan

Selain menggunakan cabe rawit segar, kata Desi, cabai kering juga bisa memberikan sensasi pedas yang sama. Namun jika Anda kesulitan mendapatkan sambal, Desi menawarkan alternatif bumbu masak yang bisa menimbulkan rasa pedas, yakni jahe dan allspice.

“Tidak ada yang bisa menggantikan rasa spesifik cabai. “Bumbu kuat rasanya seperti jahe dan merica, bisa jadi alternatif, tapi rasa pedasnya berbeda,” jelasnya.

Baca Juga  BMKG memperkirakan hujan akan terjadi di Jabodetabek hari ini

Ia pun memberikan tips saat membeli cabai di pasar. Usahakan memilih yang warnanya segar dan tidak memiliki flek hitam. Pilih juga cabai yang keras saat dipegang, bukan lunak yang berarti sudah busuk. Cabai juga bisa disimpan di lemari es sebagai kaldu, asalkan ditutup dengan bahan penyerap kelembapan atau ditempatkan dalam wadah yang berlubang udara.

Pilihan Editor: Mengapa penting memilih cabai berdasarkan warna? Lihat Otopsi Warna Cabai



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *