Hasil Piala Dunia U17 2023: Indonesia U17 vs. Panama 1:1, Arkhan Kaka mencetak gol

TEMPO.CO, Jakarta – Timnas U-17 Indonesia bermain imbang 1:1 dengan Panama pada laga kedua penyisihan grup Kejuaraan Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin 13 November 2023.

Panama unggul terlebih dahulu melalui gol Oldemar Castello pada menit ke-45+3. Indonesia menyamakan kedudukan lewat gol Arkhan Kaka pada menit ke-54.

Dengan hasil ini, Skuad Garuda berada di peringkat ketiga dengan dua poin setelah sebelumnya juga mengoleksi hasil serupa saat melawan Ekuador.

Jalannya pertandingan di babak pertama

Setelah lima belas menit pertandingan, Panama mendominasi. Mereka banyak mengatur serangan dari sisi kiri yang ditempati Anel Ryce dan Juan Hall. Sejauh ini Indonesia terlihat bermain lebih sabar dan menunggu lawan masuk ke sepertiga akhir pertahanan. Beberapa peluang tercipta, namun tak ada yang mengancam gawang.

Pada menit ke-20, Indonesia mulai menyerang. Welber Jardim kerap menjadi pemain yang menginisiasi serangan. Pergerakannya membuka ruang bagi pemain Skuad Garuda lainnya untuk masuk ke kotak penalti lawan, namun hasil akhir dari peluang tersebut tidak sesuai harapan.

Setengah jam pertandingan berjalan, tim Merah Putih tampak tak nyaman bermain bola. Tidak jarang pemain melakukan kesalahan passing. Di sisi lain, Panama terus menekan pertahanan Garuda Muda. Saat kehilangan bola, dua hingga tiga pemain langsung mengepung pemain Indonesia yang memegang bola. Situasi ini membuat Ji Da Bin dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainannya.

Pelatih Bima Sakti beberapa kali tertangkap kamera masih menginstruksikan pemainnya untuk membentuk garis pertahanan yang tidak terlalu rendah. Tidak ada peluang emas yang diciptakan tim hingga menit ke-40. Indonesia mengirimkan dua tendangan, Panama empat, namun tidak ada satupun yang mengarah ke gawang.

Baca Juga  Peringkat Bulu Tangkis BWF Terbaru: 3 Wakil Indonesia Meningkatkan Posisinya di 10 Besar

Petaka menimpa timnas U17 Indonesia pada menit ke-45+3 ketika kapten Iqbal Gwijangge melakukan pelanggaran di depan kotak penalti. Ia mengirimkan umpan buruk, sehingga bola jatuh ke sepatu Oldemar Castello, yang langsung berakselerasi ke kotak penalti dan melepaskan tembakan lob. Skor 1:0 untuk keunggulan Panama bertahan hingga turun minum.

Jalannya pertandingan di babak kedua

Periklanan

Tertinggal satu gol membuat pelatih Bima Sakti melakukan perubahan di awal babak kedua dengan memasukkan dua pemain menyerang, Nabil Ashur dan Amar Brkic. Mereka menggantikan Jehan Pahlevi dan Kafiatur Rzky.

Indonesia pun bermain lebih menekan dan hasilnya gol penyama kedudukan pada menit ke-54. Tajuknya Arkhan Kaka yang menerima umpan Welber Jardim, tak mampu diblok kiper Manuel Romero.

Dengan skor imbang, permainan Skuad Garuda mulai berkembang. Pemain lebih percaya diri dalam penguasaan bola dan umpan-umpan pendek terukur. Arkhan Kaka mendapat peluang kedua setelah mendapat umpan Nabil Ashura, namun bola berhasil ditangkap kiper.

Panama berbalik mengancam gawang Indonesia di penghujung babak kedua. Memanfaatkan postur tubuh yang lebih tinggi, mereka menciptakan peluang berbahaya lewat dua umpan sepak pojok yang membentur mistar gawang hasil sundulan Hector Rios.

Indonesia mendapat peluang emas pada menit 90+4. Hanif Ramadhan melepaskan tendangan mendatar usai menerima umpan Arkhan Kaka, namun Manuel Romero masih mampu menyelamatkan bola. Setelah itu tempo permainan mereda dan terjadi perebutan bola di tengah lapangan. Tidak ada lagi gol yang tercipta hingga peluit akhir berbunyi, pertandingan imbang 1:1.

Pemain Timnas U-17 Indonesia vs Panama di Piala Dunia U-17

Indonesia: Indonesia: Ikram Al Giffari; Habil Akbar, Welber Jardim, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge; Figo Dennis, Kafiatur Rizky, Ji Da Bin, Riski Afrisal, Amar Brkic; Arkhan Kaka.

Baca Juga  PSBS Biak raih 5 prestasi di Liga 2 2023/2024: juara, tim Fair Play, pemain terbaik, top skorer, dan promosi ke Liga 1

Panama: Manuel Romero; Martin Krug, Juan Jimenez, Erick Diaz, Juan Hall, Jael Pierre; Anel Ryce, Eric Moreno, Oldemar Castillo; Kevin Walder, Hector Rios.

Pilihan Editor: Hasil Piala Dunia FIFA U-17 2023: Timnas U17 Spanyol lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Mali 1-0



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *