Hinamatsuri, tradisi dan harapan anak perempuan dalam budaya Jepang

TEMPO.CO, Jakarta Hinamatsuri atau Doll Day adalah festival gadis Jepang yang diadakan setiap tanggal 3 Maret. Festival budaya Jepang Perayaan ini akan dirayakan dengan berbagai makanan, nyanyian, dan pertunjukan boneka khusus.

Perayaan ini menampilkan gadis-gadis muda Jepang yang bermain boneka, meniru peran sosial bangsawan tradisional Jepang. Memparodikan peran musisi, penjaga, dan dayang kaisar dan permaisuri (atau bangsawan berpangkat tinggi lainnya).

Berdasarkan identifikasinya dengan perempuan, boneka menjadi simbol perayaan ini. Di sisi lain, Hinamatsuri mengandung makna penghormatan terhadap tumbuh kembang anak perempuan menjadi perempuan dewasa yang telah menjadi anggota masyarakat seutuhnya.

Boneka Hinamatsuri meniru peran kaisar, permaisuri, dan peran istana lainnya untuk memohon kemakmuran dan nasib baik, dan untuk menunjukkan hubungan erat antara rumah tangga dan negara dalam budaya tradisional Jepang.

Festival Hinamatsuri terinspirasi dari tradisi zaman Heian (794-1185 M) dalam sejarah Jepang. Di siang hari Aku (ular) dalam penanggalan lunar merupakan tradisi untuk melakukan ritual penyucian sekaligus membawa keberuntungan dan kesehatan sepanjang sisa tahun.

Periklanan

Selain sebagai persembahan makanan dan doa kepada para dewa, boneka juga digunakan untuk mengusir kesialan, kotoran dan kemalangan dalam hidup.

Unsur-unsur praktik dari zaman Heian ini dihidupkan kembali pada zaman Edo (1603-1868 M), namun dikontekstualisasikan kembali sebagai perayaan Hinamatsuribertahun-tahun Hinamatsuri terus berubah dan beradaptasi dengan budaya masa kini, namun tetap memaknai sejarah Jepang secara utuh. Boneka di pameran budaya Jepang Ini dibuat pada tahun 1950an, tetapi menggambarkan keluarga kerajaan 1000 tahun yang lalu.

PENDIDIKAN WFU
Pilihan Editor: Pelajari gaya hidup Ukeireru Jepang untuk menjalani kehidupan modern yang lebih seimbang



Quoted From Many Source

Baca Juga  Film Dilan 1983: Wo Ai Ni, Siapa Pemerannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *