Indonesia Punya 5 Tiket Olimpiade Paris 2024, Ini Harapan Menpora Dito Ariotedjo

TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia saat ini memiliki lima tiket ke Olimpiade 2024 Paris, Perancis, melalui olah raga panahan, mendaki gunung dan senam. Menpora Dito Ariotedjo berharap semakin banyak atlet yang bisa mengikuti all-around yang digelar 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Lima atlet Indonesia yang akan mengikuti Olimpiade Paris adalah Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Desak Made Rita (panjat tebing), dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing).

“Iya tentu kita ingin lebih banyak lagi atlet yang lolos (ke Olimpiade Paris 2024). Masih banyak kualifikasi yang belum diselesaikan, seperti atletik, renang, panahan, angkat besi, panjat tebing, menembak. berada di ) kuartal pertama tahun 2024 dan kita lihat berapa yang bisa lolos,” kata Menpora usai konferensi pers Indonesia International Open 2024 di Jakarta pada Selasa, 5 Desember 2023.

Arif Dwi Pangestu menjadi atlet Indonesia pertama yang memastikan lolos ke Olimpiade setelah menjadi semifinalis Kejuaraan Dunia Panahan 2023 pada Agustus lalu.Sementara Diananda Choirunisa berhasil meraih tiket Olimpiade setelah meraih medali perunggu ganda campuran gaya punggung di Olimpiade. Asian Games di Hangzhou pada tahun 2022.

Diananda dipastikan tampil di Paris karena peraih medali emas Asian Games 2022 Lim Sihyeon telah mengamankan tiketnya melalui kualifikasi tunggal Olimpiade.

Rifda Irfanaluthfi yang tampil pada ajang Senam Artistik Dunia 2023 di Antwerp, Belgia Oktober lalu, mendapat tiket Olimpiade Paris setelah tuan rumah Paris memberikan kuota redistribusi kepada Rifda. Dengan prestasi tersebut, Rifda menjadi pesenam Indonesia pertama yang mencapai Olimpiade.

Periklanan

Made Rita ngotot mengamankan tiket ke Olimpiade Paris setelah menjadi yang tercepat di nomor sprint putri seri Bernese Mountaineering World Cup pada 11 Agustus lalu.

Baca Juga  BPIP optimistis UU Ekonomi Pancasila bisa disahkan tahun depan

Kemudian Rahmad Adi Mulyono menjadi pendaki kedua yang tampil di Paris setelah menjadi yang tercepat di nomor speed putra pada babak Kualifikasi Zona Asia 2023 yang digelar di Jakarta pada November lalu.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda Juli hingga Agustus 2021, Indonesia mengirimkan 28 atlet, sama dengan jumlah atlet yang berlaga di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Dari jumlah tersebut, tim Merah Putih mampu membawa pulang satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Lima medali diberikan dari bulu tangkis dan angkat besi.

Di cabang olahraga bulutangkis, medali emas diraih ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan medali perunggu diraih ganda putra Anthony Sinisuka Ginting. Sementara di cabang angkat besi, medali perak di bawah 61 kilogram diraih Eko Yuli Irawan, disusul Windy Cantika Aisah di nomor 49 kilogram, dan Rahmat Erwin Abdulan di bawah 73 kilogram yang sama-sama meraih medali perunggu.

Pilihan Editor: Menpora Dito Ariotedjo akan bertemu Singapura untuk membahas rencana tuan rumah Piala Dunia U20 2025



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *