Informasi lengkap ketersediaan tiket kereta api selama libur natal dan tahun baru 2024

TEMPO.CO, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI membuka penjualan tiket kereta api api untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) 2024 mulai Senin, 6 November 2023 atau keberangkatan H-45. Kereta berangkat tanggal 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

“Kami mengingatkan calon penumpang untuk lebih berhati-hati dalam memasukkan tanggal, data diri, dan memilih rute. Rencanakan perjalanan Anda sebaik mungkin, termasuk mempertimbangkan jam berapa Anda akan sampai di stasiun agar tidak ketinggalan kereta, kata VP Humas KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, seperti dikutip Jumat, 11 November 2019. 24 Agustus 2023.

Harga tiket kereta api liburan natal dan tahun baru 2024

Selama Natal 2024, KAI akan menyediakan 2,2 juta kursi di 3.888 rute jarak jauh. Sedangkan KA reguler lokal memiliki 521.000 kursi dengan 1.296 rute.

KAI juga mencatat penjualan tiket kereta api periode 21-25 Desember 2023 terjual sebanyak 102.603 tiket atau sekitar 17 persen. Jadi tiket KA Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih tersedia.

“Jumlah ini akan terus bertambah seiring penjualan yang terus berlanjut. “KAI berharap masyarakat bisa segera memesan tiket karena ketersediaan tiket kereta api masih cukup banyak,” kata Joni pada Sabtu, 11 November 2023.

Untuk harga tiket KA komersil masih mengacu pada Batas Bawah Tarif (TBB) dan Batas Atas Tarif (TBA). Untuk kereta api Public Service Obligation (PSO), tarifnya disesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Liburan Natal dan Tahun Baru 2024

PT KAI juga membagikan beberapa tips membeli tiket kereta api untuk Natal 2024. Berikut detailnya:

1. Rencanakan jadwal perjalanan Anda dengan baik

Baca Juga  Biaya perawatan rutin Hyundai Stargazer, hanya 6 tahun Rp 745 ribu

Mohon dipastikan waktu perjalanan mengikuti jadwal libur yang ditetapkan Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Selanjutnya perhatikan waktu keberangkatan dari rumah menuju stasiun agar tidak terlambat.

2. Pilih saluran penjualan resmi

Untuk menghindari gangguan sistem, biaya tambahan yang tidak wajar bahkan penipuan, ingatlah untuk memesan tiket kereta api melalui jalur resmi KAI yaitu website kai.id, aplikasi Access by KAI, Contact Center 021 (121), loket stasiun. Selain itu, masyarakat juga dapat membeli tiket melalui mitra resmi KAI.

3. Pastikan koneksi internet anda stabil

Periklanan

Sebelum memesan tiket kereta api, pelanggan harus memastikan koneksi internet yang stabil. Sebab, jumlah pengunjung saluran online yang menjual tiket kereta api biasanya meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru.

4. Hati-hati dalam memasukkan data

KAI menghimbau calon pemudik untuk lebih berhati-hati dalam memilih rute dan tanggal keberangkatan serta dalam memasukkan informasi pribadi. Pelanggan harus sudah menyiapkan semua informasi pribadinya, jadi cukup salin dan tempel ke dalam formulir pemesanan.

5. Siapkan alternatif waktu dan rute

Jika tiket KA yang terjual sudah habis, masyarakat bisa mempertimbangkan waktu dan rute alternatif. Melalui fungsi Kereta Sambungan pada aplikasi Access by KAI, pelanggan dapat memilih pilihan perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta sambung.

6. Cek ketersediaan tiket secara berkala

KAI menyediakan layanan perubahan dan pembatalan jadwal di Access by KAI dan di stasiun. Oleh karena itu, calon penumpang dapat mengecek stok tiketnya secara berkala untuk mengetahui apakah bisa membeli tiket yang dibatalkan oleh penumpang lain.

7. Jangan membagikan kode pesanan dengan santai

KAI juga mengimbau agar pelanggar tidak sembarangan membagikan kode reservasi atau dokumen pembelian tiket kereta api pada libur Natal dan Tahun Baru 2024. Hal ini untuk meminimalisir penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga  Tahun Baru 2024, Ini Pesan Heru Budi Jelang Pemilu 2024

MELYNDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: KAI hanya mencatat 20 persen penjualan tiket kereta api selama Natal dan Tahun Baru



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *