Israel menuduh Houthi menyandera kapal Inggris yang membawa mobil di Laut Merah

TEMPO.CO, JakartaIsrael kata kelompok itu Houthi Yaman menyita kapal kargo milik Inggris-Jepang di Laut Merah bagian selatan, dan menggambarkan insiden tersebut sebagai “tindakan terorisme Iran” yang berdampak pada keamanan maritim internasional.

Kelompok Houthi mengatakan mereka menyita kapal tersebut laut Merah, tapi mengatakan kargo itu milik Israel. “Kami memperlakukan awak kapal sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai Islam,” kata juru bicara kelompok tersebut tanpa mengacu pada pernyataan Israel pada Minggu, 19 November 2023.

Houthi, sekutu Teheran, melancarkan serangan roket jarak jauh dan pesawat tak berawak ke Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Hamas Palestina yang berperang di Jalur Gaza.

Juru bicara Nippon Yusen Jepang, juga dikenal sebagai NYK, membenarkan bahwa seorang pengemudi truk yang dioperasikannya telah ditahan di Laut Merah dan sedang mengumpulkan informasi lebih lanjut.

surat kabar Jepang Nikkei Ada 22 awak kapal, termasuk warga Bulgaria dan Filipina, tetapi tidak ada warga Jepang.

Pekan lalu, pemimpin Houthi mengatakan pasukannya akan melancarkan serangan lebih lanjut terhadap Israel dan mereka mungkin menargetkan kapal-kapal Israel di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandeb.

AS sedang memantau situasinya, kata seorang pejabat pertahanan.

Periklanan

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kapal tersebut – yang tidak diidentifikasi – telah disita. Tidak ada warga Israel di kapal tersebut dan Israel tidak terlibat dalam kepemilikan atau pengoperasian kapal tersebut, kata kantornya.

“Ini adalah satu lagi tindakan terorisme Iran yang mewakili peningkatan permusuhan Iran terhadap warga dunia bebas yang mempunyai implikasi internasional terhadap keamanan jalur laut global,” kata kantornya.

Sebelumnya pada hari Minggu, kelompok Houthi mengatakan semua kapal yang dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan Israel atau yang mengibarkan bendera Israel dapat menjadi sasaran.

Baca Juga  Saat Anda berwisata ke Korea Selatan, jangan lupa untuk mengunjungi restoran terbaik di Busan dan Seoul

Reuters

Pilihan Editor Mantan Ibu Negara AS Rosalynn Carter Meninggal Dunia, Ini Profilnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *