Italia menyerukan Inisiatif untuk Meninggalkan Jalur Sutra Modern

TEMPO.CO, JakartaItalia secara resmi mengumumkan kepada Tiongkok bahwa negaranya akan meninggalkan Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) atau Jalur Sutra Modern. Kabar tersebut dibocorkan pada Rabu 6 Desember 2023 oleh sumber pemerintah Italia, yang juga menyebutkan bahwa Italia tetap berniat menjaga “hubungan baik dengan Tiongkok” meski tidak lagi menjadi bagian dari inisiatif tersebut.

Perjanjian Jalur Sutra Modern Tiongkok-Italia dimulai pada tahun 2019 dan berakhir pada bulan Maret 2024. Sumber pemerintah Italia mengatakan Roma mengirim surat ke Beijing “dalam beberapa hari terakhir” yang memberi tahu Tiongkok bahwa mereka tidak akan memperbarui perjanjian tersebut.

Italia menjadi negara Barat pertama dan satu-satunya yang bergabung dalam program perdagangan dan investasi. Negara Eropa tersebut mengabaikan peringatan dari Amerika Serikat bahwa perjanjian tersebut dapat memungkinkan Tiongkok untuk mengambil kendali atas teknologi sensitif dan infrastruktur penting.

Perdana Menteri Italia saat itu, Giuseppe Conte, berharap perjanjian Jalur Sutra modern akan memperbaiki perekonomian Italia yang miskin. Namun Perdana Menteri Giorgia Meloni, yang menjabat tahun lalu, mengatakan dia ingin menarik Italia dari inisiatif yang diluncurkan oleh presiden Tiongkok. Anda adalah Jinping sejak tahun 2014 dengan alasan perjanjian tersebut tidak membawa manfaat yang berarti bagi Italia.

Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto juga mengatakan sebelumnya bahwa Italia telah mengambil keputusan “spontan dan sangat buruk” untuk bergabung dengan inisiatif Jalur Sutra Modern. Ia berpendapat bahwa inisiatif ini tidak banyak meningkatkan ekspor Italia, dan hanya menjadikan Tiongkok sebagai satu-satunya pemenang. Sementara itu, Tiongkok mengklaim bahwa kedua negara telah melihat hasil yang bermanfaat dari Inisiatif Jalur Sutra Modern.

Ekspor Italia ke Tiongkok berjumlah 16,4 miliar euro pada tahun lalu dari 13 miliar euro pada tahun 2019. Sebagai perbandingan, ekspor Tiongkok ke Italia melonjak hingga 57,5 ​​miliar euro dari 31,7 miliar euro pada periode yang sama, menurut data pemerintah Italia.

Baca Juga  Kronologis kecelakaan tunggal yang menewaskan suami aktris Jennifer Coppen di Bali

Periklanan

Reuters

Pilihan Editor: Amnesty International ingin menyelidiki pembunuhan seorang jurnalis Reuters sebagai kejahatan perang

Ikuti berita terkini dari Tempo.cdi layanan Google Berita, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *