Jakarta kebanjiran: 4 RT masih terendam, banjir di Cipulir sudah surut

TEMPO.CO, Jakarta – Hujan sedang hingga lebat mengguyur wilayah DKI Jakarta hari ini. Hasilnya ada empat RT di ibu kota banjir dengan ketinggian air mencapai 70 sentimeter.

BPBD mencatat banjir terjadi di empat RT atau 0,013 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta, kata Direktur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 24 November 2023.

Dua RT yang terendam banjir berada di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat. Curah hujan yang tinggi dan meluapnya Sungai Pesanggrahan menyebabkan kedua RT tersebut terendam banjir dengan ketinggian 30 hingga 70 sentimeter.

Kemudian, kata Isnawa, dua RT lagi berada di Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Ketinggian air mencapai 50-60 sentimeter akibat hujan deras dan meluapnya Sungai Pesanggrahan.

Jalan Ciledug Raya Seskoal (depan Hotel Fontana), Desa Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, yang terendam banjir, kata Isnawa.

Dia memastikan tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. BPBD DKI Mereka juga mengerahkan personel untuk memantau kondisi banjir di setiap wilayah.

Periklanan

Selain itu, BPBD DKI berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) saat melakukan pengambilan air.

Aparat kepolisian bersama lurah dan bupati setempat juga harus memastikan pipa air berfungsi dengan baik. Menurut Isnawa, tujuan banjir agar cepat surut.

BPBD DKI mengimbau masyarakat tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi tersebut genangan airujar Isnawa.

Dalam keadaan darurat, masyarakat dapat menghubungi 112. Layanan ini gratis dan bekerja 24 jam sehari.

Pilihan Redaksi: Polda Metro Jawab Soal Firli Bahuri yang Ajukan Sidang Pendahuluan Status Tersangka Pemerasan

Baca Juga  Mahasiswa ITS menciptakan aspal ramah lingkungan yang diolah dengan lumpur panas dan ijuk sawit



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *