Kasus cacar monyet telah terdeteksi di 5 provinsi, menurut Kementerian Kesehatan

TEMPO.CO, JakartaKementerian Kesehatan melaporkan pada hari Selasa bahwa kasus cacar monyet (mpox) telah terdeteksi di lima provinsi di Indonesia berdasarkan sensus terbaru.

Provinsi tersebut adalah Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kepulauan Riau, dan Jawa Timur.

Total (kasus) mpox hingga 20 November 2023 mencapai 51 kasus terkonfirmasi dan 30 pasien (di antaranya) sudah sembuh, kata Kepala Departemen Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Siti Nadia Tarmizi saat dikonfirmasi. pada hari Selasa, November. 21 Agustus 2023..

Menurut laporan tersebut, Jakarta mencatat jumlah kasus mpox tertinggi yaitu 38 kasus, dengan 23 pasien telah sembuh sejauh ini.

Sementara itu, Jawa Barat mencatat enam kasus mpox dan dua orang sembuh, sedangkan Banten menemukan lima kasus dan seluruh pasien sembuh dari infeksi tersebut.

Sedangkan Kepulauan Riau dan Jawa Timur masing-masing melaporkan satu kasus dan pasiennya sedang dalam proses pemulihan.

Vaksinasi mpox saat ini hanya tersedia di Jakarta karena terbatasnya jumlah vaksin, menurut Tarmizi.

Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 4.500 dosis vaksin mpox dan 1.008 botol obat antivirus tecovirimat untuk pengobatan pasien.

Ia mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas seksual berisiko untuk mencegah penularan mpox.

Menurut data Kementerian Kesehatan, kasus mpox yang terkonfirmasi umumnya ditemukan pada pria homoseksual dengan penyakit penyerta HIV dan sifilis.

Mpox biasanya diawali dengan sakit kepala, diikuti gejala seperti demam di atas 38 derajat Celcius, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Ruam muncul setelah satu atau tiga hari.

“Munculnya ruam berupa ruam merah dengan jumlah sedikit, menyebar secara regional, misalnya di area lengan, kemudian di area kemaluan, kaki dan lain-lain,” jelas Tarmizi. .

DI ANTARA

Baca Juga  Para sejarawan menyebut pola pemilu 2024 mirip pemilu era Orde Baru

Pilihan Editor: Sekitar 16 dari 37 pasien cacar monyet di Jakarta telah pulih, kata pejabat kesehatan

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *