Kiprah Mantan Pemain dan Pelatih Liga Indonesia di Piala Dunia U17, dari Raphael Maitim hingga Brahim Traore

TEMPO.CO, JakartaKejuaraan Dunia pemain di bawah usia 17 tahun sebuah berkah bagi mantan pemain atau pelatih yang berkarier di Indonesia. Tak sedikit tim peserta yang memasukkan mereka ke dalam skuad untuk membantu tim selama kompetisi di Indonesia.

Raphael Maitimo menjadi orang pertama yang diketahui menghadiri Biennale. Ia menjabat sebagai manajer dan koordinator tim nasional U-17 Kanada. Mantan pemain internasional Indonesia di Piala AFF 2012 ini berbagi momen bersama Les Rouges saat mendampingi para pemain berlatih di Bali United Training Center.

“Saya kangen banget sama sepak bola, apalagi setelah melihat fasilitas Bali United. Tapi saat ini saya lebih fokus pengembangan bisnis yang sedang saya kembangkan,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Bali United.

Saat masih aktif sebagai pemain, Maitimo pernah bermain untuk beberapa klub besar Tanah Air seperti Persija Jakarta, Arema Cronus, Persebaya Surabaya, dan Persib Bandung. Dengan pengetahuannya tentang Indonesia, ia bertekad membawa Kanada menjadi yang terdepan di Piala Dunia U17 2023.

Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia Fabio Oliveira yang pernah menjadi ofisial timnas U-17 Brasil pada Piala Dunia U-17 2023, saat ditemui di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 7 November. Tempo/Randy

Mantan asisten pelatih Fabio Oliveira masih menjalin kontak dengan timnas Indonesia, kali ini membantu timnas U-17 Brasil. Ia terlihat mendampingi Tim Samba dalam sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa malam WIB, 7 November 2023.

Fabio mengungkapkan dirinya bukan bagian dari staf kepelatihan. Ia hanya membantu Brazil dalam persiapan dan komunikasi dengan panitia lokal. “Tugas saya di sini adalah membangun jembatan staf pelatihdiri mereka sendiri dan para pemain, seperti kebutuhan mereka selama Piala Dunia U17. “Dari segi logistik, tentu bahasanya, dan juga berhubungan dengan teman-teman media agar semuanya berjalan lancar.”

Baca Juga  Fakta perjuangan warga Gaza selama Ramadhan, kelaparan dan terbatasnya akses ke Masjid Al Aqsa

Pria yang pernah melatih Persebaya Surabaya dan Persita Tangerang ini merupakan mantan asisten pelatih timnas Indonesia pada 2013. Ia berada di bawah asuhan Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala. Pemain berusia 50 tahun itu baru satu tahun menjadi bagian Timnas Indonesia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *