Konflik Gaza, Prabowo menyatakan belum akan menarik pasukan TNI dari Lebanon

TEMPO.CO, Jakarta – Departemen Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan tidak ada rencana penarikan pasukan TNI dalam misi penjaga perdamaian PBB di Lebanon. Hal itu disampaikan Prabowo dalam jumpa pers usai Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN ke-17 dan Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus 2023 ke-10.

Forum ADMM membahas beberapa isu pertahanan dan keamanan seperti dinamika geopolitik dan kerja sama pertahanan dalam ASEAN. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri Pertahanan dan delegasi seluruh negara anggota ASEAN kecuali Myanmar.

Kata Prabowo, prajurit. Perdamaian RI terus bertahan di Lebanon saat Israel menyerang Gaza masih dalam proses.

“Sejauh ini kami belum ada rencana menarik pasukan penjaga perdamaian dari Lebanon,” kata Prabowo pada Kamis, 16 November 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Tak sampai disitu saja, Prabowo mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memantau perkembangan situasi di Gaza. “Kami terus berkoordinasi dengan PBB, Dewan Keamanan dan negara-negara di sana,” lanjutnya.

Prabowo selaku ketua atau tuan rumah ADMM dan mewakili Republik Indonesia pun menyampaikan keprihatinannya atas situasi yang terjadi di Gaza selama ini. Ia mengatakan, negara-negara ASEAN juga mendesak agar kekerasan yang terjadi di Gaza segera dihentikan.

Periklanan

Saya kira dalam pertemuan saya sebagai ketua dan perwakilan dari Indonesia dan beberapa negara termasuk Malaysia, kami juga menyampaikan keprihatinan kami atas kejadian di Gaza. Kami mendukung segala upaya untuk segera menghentikan kekerasan tersebut, kata Prabowo.

Pada Rabu, 15 November 2023, Palestina menyatakan lebih dari 11.000 warga Gaza tewas akibat serangan udara dan serangan artileri Israel menyusul agresi Hamas di bagian selatan negara itu pada awal Oktober. Sekitar 40 persen korban di Gaza adalah anak-anak. Persediaan kebutuhan pokok bagi sekitar 2,3 juta penduduk Gaza semakin menipis sementara wilayah mereka dihancurkan oleh pemboman Israel yang terus menerus.

Baca Juga  1 malam, 2 laporan warga: Polres Bekasi menangkap 26 pemuda dan menyita 6 arit

HAN REVANDA PUTRA

Pilihan Editor: Prabowo mendorong solusi damai konflik di Myanmar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *