Korupsi di KPK akan berdampak pada investasi asing di IKN, kata pakar

TEMPO.CO, Jakarta – Ekonom veteran UPN Jakarta Achmad Nur Hidayat mengingatkan kejahatan yang melibatkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (Komisi Pemberantasan KorupsiFirli Bahuri berpotensi meruntuhkan kepercayaan investor asing terhadap Indonesia. Termasuk kepercayaan untuk berinvestasi di proyek ibu kota negara milik IKN.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya pada Rabu malam resmi menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian tersebut. 22.

“Investor asing akan berpikir dua kali sebelum berinvestasi di IKN karena mereka khawatir kondisi investasi saat ini tidak mendukung,” kata Achmad. Tempo pada hari Kamis bulan November. 23 Agustus 2023.

Apalagi, investasi asing di IKN masih belum membuahkan hasil bahkan sebelum ada kasus yang menjerat Ketua KPK. Pada 16 November lalu, Presiden Joko Widodo mengakui proyek IKN masih belum menarik investor asing.

Menurut Achmad, kasus ini akan membuat investor mempertanyakan komitmen Indonesia terhadap penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, karena KPK adalah lembaga independen yang mempunyai wewenang untuk memberantas korupsi.

Oleh karena itu, calon investor kemungkinan besar akan menunda rencana investasinya di proyek tersebut hingga kasus dugaan pungutan liar Firli Bahuri selesai.

“Investor asing juga bisa mengurangi nilai investasinya [in IKN]kata Ahmad.

Oleh karena itu, ia menambahkan, pemerintah harus serius mengusut kasus Firli Bahuri. “Investor membutuhkan kepastian hukum dan lingkungan yang bebas korupsi untuk berinvestasi dengan aman dan memperoleh keuntungan,” tambahnya.

Sebelumnya diumumkan pada bulan Oktober. 8 bahwa kasus dugaan pemerasan yang melibatkan Firli Bahuri telah dimulai penyidikan. Firli Bahuri kemudian disangkakan dengan Pasal 12 surat e), Pasal 12 huruf B dan Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 juncto § 65 KUHP.

Baca Juga  Istana membantah pemberitaan media asing mengenai rencana hubungan diplomatik Indonesia dan Israel

RIRI RAHAYU | M.FAIZ ZAKI

Pilihan Editor: Polisi menyebut Pimpinan KPK Firli Bahuri diduga memeras Syahrul Yasin Limpo

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *