Mahfud Md mengumumkan kepada Bawasla usai berpose 3 jari dengan pilot Garuda

TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md dilaporkan ke Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) karena mengambil foto dirinya berpose tiga jari bersama pilot di kokpit pesawat maskapai Garuda. Diduga ia mencuri kampanye sebelum masa Pilpres 2024 resmi dimulai pada 28 November.

Laporan ini disampaikan kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Pengawas Pemilu atau Bawaslu pada Selasa, 21 November 2023. “Kami menduga Mahfud Md mencuri awal kampanye karena mengajak dua pilot Garuda berpose dengan tiga jari,” dia dikatakan. Ketua Awasl Muhammad Mualimin di Bawasl.

Menurut Mualimin, pose tiga jari tersebut merupakan upaya kampanye karena merupakan bagian dari pencitraan diri Mahfud Md sebagai calon wakil presiden nomor urut 3 pada Pilpres 2024. Dalam laporannya, Mualimin menyertakan tangkapan layar Mahfud Md dengan gambar Garuda. pilot yang berasal dari Instagram pribadi Mahfud pada 16 November 2023.

Selain mencuri awal kampanye, Mualimin menilai rekaman tersebut tidak tepat karena pilot Garuda adalah pegawai BUMN. “Di akun Instagram Mahfud Md ada informasi bahwa dia adalah pilot Garuda yang kita ketahui adalah BUMN dan BUMN adalah perusahaan yang merupakan bagian dari negara,” kata Mualimin.

Dalam laporannya, Mualimin menyimpulkan Mahfud Md melanggar Pasal 27 Ayat 1 Peraturan No. 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Aturan tersebut mengatur kampanye pemilihan presiden dimulai 15 hari setelah penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Menko Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo bersama dua orang berseragam dan satu orang lainnya berpose tiga jari di kokpit pesawat Garuda Indonesia. Instagram Mahfud MD

Periklanan

Mualimin juga meminta Bawasla menindak dugaan pelanggaran yang dilakukan Mahfud Md. “Kami meminta agar setiap pengaduan tersebut tidak menumpuk di Bawasl tanpa ada tindakan apa pun,” ujarnya.

Baca Juga  Hasil Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs. Irak 1:3, Marselino Ferdinand mencetak gol

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, insiden pemotretan bersama Mahfud dan pilot juga menjadi masalah bagi perusahaan. Pihaknya akan mengingatkan seluruh pegawai untuk menjaga semangat netralitas, terutama menjelang pemilihan presiden atau pilpres 2024.

“Kami juga sudah memanggil awak pesawat untuk menjelaskan kejadian tersebut,” kata Irfan saat dihubungi TEMPO pada hari Sabtu, 18 November 2023.

AMELIA RAHIMA SARI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *