Menpan RB lebih memilih freshgraduate di CASN 2024 karena kuota 3 tahun lebih sedikit

TEMPO.CO, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengaku lulusan baru atau lulusan baru tidak mendapat kuota yang cukup dalam seleksi calon aparatur sipil negara atau KAS selama 3 tahun terakhir.

Untuk itu, kata Anas, pihaknya akan menambah kuota lulusan baru dalam pembentukan CASN 2024. “Kemarin usai rapat dengan Presiden (Jokowi), kami informasikan tentang komposisi rekrutmen ASN 2024, termasuk jumlah lulusan baru yang kurang mendapat tempat selama 3 tahun,” kata Anas. usai Pembukaan Festival Budaya ASN 2023 di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan, pada Rabu 22 November 2023.

FYI, pada seleksi CASN 2023 yang saat ini masih berlangsung, ada kuotanya lulusan baru hanya 20 persen dari keseluruhan formasi. Sedangkan sisanya sebesar 80 persen diutamakan bagi pelamar dari pegawai non-ASN.

Namun Anas belum bisa membeberkan berapa jumlah pasti kuota yang dibuka tersebut lulusan baru di CASN 2024. “Kemarin (CASN 2023) cuma 28.000 (jabatan). Tentu kita usulkan, nanti kita petakan, kita cek. Saya tidak berani mendahului presiden untuk memetakannya .Apakah 100.000 atau 200.000, kita tunggu saja. Sekarang tinggal “koordinasi cepat keputusan presiden,” kata Anas.

Periklanan

Anas mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan dan penyusunan susunan pemain yang tepat untuk CASN 2024. Selain itu, Anas juga mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kementerian Keuangan juga sudah membahas anggaran yang dibutuhkan untuk CASN 2024.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini sedang melakukan pemetaan guna menyusun formula terbaik untuk persiapan formasi CASN 2024. Secara paralel, pihaknya juga sedang menggodok besaran anggaran yang diperlukan untuk seleksi tahun depan.

Baca Juga  5 tips menghindari dehidrasi saat puasa

“Kita latihan anggaran dan presiden meminta kami menghitungnya. Kami memetakannya. Saya akan bertemu dengan Menteri Keuangan mengenai komposisinya, termasuk anggaran keuangannya, kata Anas.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *