Mobilitas perkotaan akan menjadi tulang punggung IKN, klaim kantor tersebut

TEMPO.CO, Jakarta – kepala mobilitas perkotaan IKN Kantor Resdiansyah atau Dian mengatakan Proyek Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur akan menjadikan mobilitas perkotaan sebagai tulang punggung. Menurutnya, transportasi di IKN berkaitan dengan tata guna lahan dan interaksi transportasi.

“Tulang punggung pengembangan kawasan baru itu adalah transportasi,” ujarnya di Jakarta Selatan, Selasa. 5 Agustus 2023.

IKN dibangun dengan konsep kota 10 menit, dimana setiap lokasi dapat dijangkau oleh penghuni dalam waktu 10 menit. Kantor IKN akan memastikan mobilitas aktif di berbagai bidang seperti berjalan kaki, bersepeda, dan naik angkutan umum.

Oleh karena itu, tambahnya, kendaraan pribadi hanya mengambil 20 persen dari total angkutan di IKN dan 80 persen angkutan umum. “Itu amanah presiden [Joko Widodo]kata Dian.

Selain itu, otoritas akan mengendalikan volume kendaraan pribadi agar tidak melebihi batas 20 persen dengan menggunakan sistem lalu lintas cerdas. Apabila batas tersebut tercapai, maka kendaraan pribadi tidak bisa lagi masuk ke IKN, khususnya Kawasan Induk Pemerintahan (IKPP). Pemerintah akan menyediakan tempat parkir bagi penumpang angkutan umum lainnya.

Pejabat pemerintah juga akan menggunakan angkutan umum, kata Dian, kecuali kendaraan dinas negara. “Akan ada aturan khusus untuk itu,” tutupnya.

Depkes. KHORY ALFARIZI

Pilihan Editor: Jokowi mendukung proyek infrastruktur IKN periode kedua untuk efisiensi biaya logistik

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Terdakwa penipuan tiket Coldplay di Depok divonis 2,5 tahun penjara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *