Pedagang Keluhkan Harga Cabai Melonjak ke Rp 90 Ribu: Keluhan Pembeli

TEMPO.CO, Jakarta – keluh pedagang pasar harga cabai yang terus meningkat. Misalnya saja harga cabai merah yang kini mencapai Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu

“Cabai lagi naik daun,” kata Haryono, seorang pedagang sayur, saat ditemui Tempo di dalam Pasar PalmerahSenin, 13 November 2023.

Haryono memperkirakan kenaikan harga bisa mencapai lebih dari Rp 90 ribu. “Harga naik turun seperti saham. Sekarang harga naik terus,” ujarnya.

Harga cabai juga mengalami kenaikan untuk cabai merah keriting yang kini mencapai Rp 60.000 hingga 70.000. “Baru kemarin Rp 90.000,” kata Haryono.

Haryono menjelaskan kenaikan harga berasal dari pemasok. “Harganya mahal dari pertama ambil di Pasar Induk Kramat Jati. Di situ kalau naik bisa (selisihnya) Rp 10.000,” ujarnya.

Menurut Haryono, kenaikan harga cabai rawit merah juga mengejutkan Handoy yang juga berjualan sayur mayur. “Cabai merah harganya bisa Rp 90.000. Dulunya Rp 40.000. Lambat laun naik, tiba-tiba melonjak,” ujarnya.

Periklanan

Cabai merah keriting, kata Handoy, juga mengalami kenaikan harga hingga dua kali lipat. “Sekarang Rp 80.000. Dulu Rp 40.000,” ujarnya. Dijelaskannya, saat ini harga cabai rawit hijau Rp 60 ribu.

Tak berhenti sampai disitu, Handoy mengaku kerap mendapat keluhan dari pembeli. “Masyarakat masuk ke pasar ingin bersenang-senang, tapi ternyata pasarnya mahal,” ujarnya, senada dengan keluhan konsumen.

Ketika ditanya tentang harga naik Dari komoditas lainnya, Handoy mengatakan hanya cabai yang mengalami peningkatan. Ia juga mengatakan, harga berbagai jenis bawang saat ini sedang murah.

“Hanya cabai hanya yang lebih mahal. “Ini bawang bombay yang harganya paling murah,” ujarnya.

Pilihan Editor: Polisi Fokus Amankan Massa Pendukung Besok Saat Pengundian Nomor Urut Capres dan Cawapres

Baca Juga  Needdem: Capaian tertinggi keterwakilan perempuan di DLR periode 2024-2029 sepanjang sejarah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *