Pelajar Indonesia raih juara bahasa Inggris di Jepang

TEMPO.CO, Jakarta – Siswa Republic of Indonesia School of Tokyo (SRIT) Najwa Rahman Rustam menjadi juara dalam lomba pidato Bahasa inggris pada Lomba Pidato Bahasa Inggris Meguro 2023. Ia berhasil meraih predikat “The Best Delivery Prize”.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas prestasi yang diraih mahasiswa SRIT. Ia menyebut hal ini sebagai bukti keberhasilan mahasiswa SRIT yang mampu bersaing dengan mahasiswa Jepang.

“Selain kualitas siswa, hal lain yang perlu ditonjolkan dalam prestasi dan acara program ini adalah praktik saling pengertian budaya antara Indonesia dan Jepang, seperti meremehkan lintas budaya“, ujarnya pada Minggu, 13 November 2023.

Ketua SRIT Ari Driyaningsih mengaku bangga atas prestasi mahasiswa SRIT pada lomba pidato tersebut setelah melalui proses seleksi internal yang cukup ketat.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Dewan Kota Meguro di Tokyo Kanako Kobayashi berharap kompetisi ini menjadi ajang untuk mempererat persahabatan antar siswa, antar sekolah, dan antar bangsa.

Kompetisi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran global generasi muda yang nantinya akan menjadi pemimpin di berbagai bidang.

“Saya berharap ini menjadi pintu masuk bagi kita untuk menciptakan program-program yang lebih kolaboratif di masa depan,” ujarnya.

Tiga juri kompetisi – Kiichi Sugawara (Guru), Gerald Escalante (Pendidik) dan Maryam Al Kubati (Peneliti) – memberikan Najwa penghargaan “Best Delivery Award”, gelar terbaik dalam penyajian materi pidato bertajuk “Attitude: A Game Changer “.

Periklanan

Siswa kelas VII dinilai mahir dan efektif dalam memadukan gerak tubuh dan ucapan saat berpidato. Dalam sambutannya, Najwa menyampaikan pentingnya membangun dengan tetap menjaga sikap positif.

Beliau menghimbau kepada para pendengar untuk selalu menghargai keunikan diri sendiri, menghargai kelebihan dan kekurangan diri sendiri serta menghindari sikap yang sering membanding-bandingkan dengan orang lain.

Baca Juga  Hasil Liga 1: Bali United vs PSIS Semarang 2:0, gol dicetak Ilija Spasojevic dan Mohammed Rashid

Najwa pun berpesan agar jangan pernah menjalani hidup yang didikte oleh kegagalan. “Karena sikap positif adalah resep rahasia yang mampu mengubah situasi sulit menjadi berkah,” ujarnya.

Meguro English Speech Contest 2023 merupakan program tahunan Meguro City Council dan Meguro Education Agency yang bekerja sama dengan KBRI Tokyo dan SRIT.

Siswa sekolah menengah pertama di daerah Meguro Tokyo mengikuti lomba pidato tahun ini.

Pilihan Redaksi: Tes Publik Capres dan Cawapres Digelar di 3 Kampus Muhammadiyah, Rektor Siapkan Fasilitas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *