Pemerintah akan membuat dana pariwisata untuk mendongkrak citra Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah menugaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk membentuk Indonesia Tourism Fund. Tujuan dari lembaga tersebut di atas adalah untuk mendukung terselenggaranya event, mempromosikan pariwisata dan meningkatkan citra Indonesia.

Badan tersebut akan dikelola secara hati-hati dan menyeleksi event-event internasional yang berkualitas untuk mendukung perekonomian daerah dan nasional, kata Sandiaga dalam jumpa pers hari ini, Senin, 4 Desember 2023 di Istana Merdeka.

Sandiaga menjelaskan, pemerintah tidak akan membentuk badan baru melainkan melimpahkan dana pariwisata tersebut ke Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Mirip dengan dana budaya, dana pariwisata juga akan mencakup entitas pariwisata terkait.

Politisi ztPartai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan pemerintah menargetkan pengelolaan dana sebesar Rp 2 triliun pada tahun pertama beroperasi. Menteri juga berharap keputusan presiden tentang dana pariwisata dapat disahkan bulan ini untuk mempercepat implementasi badan tersebut.

Sandiaga menyebutkan, pemerintah memperkirakan pariwisata akan menyumbang lebih dari Rp 220 triliun pada tahun depan. Ia meyakini Dana Pariwisata tidak akan dialokasikan ke destinasi wisata baru.

“Kami fokus pada tiga hal, brand nasional, promosi pariwisata, dan event nasional-internasional,” ujarnya.

Ia menambahkan dana tersebut akan digunakan lembaganya untuk merancang beberapa event besar seperti MotoGP, F1, Power Boat, Aqua Bike, dan Jet Ski Championship. Sandiaga juga menawarkan kemungkinan acara masyarakat adat seperti Kecepatan garis atau lomba perahu dan acara budaya dari Indonesia bagian timur.

Kementerian Keuangan akan mengusulkan alokasi Dana Pariwisata Indonesia untuk tahun depan, ujarnya.

DANIEL A.FAJRI

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Karyawan Doctors Without Borders tewas dalam serangan Israel di Gaza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *