Perjalanan Musikal Super Junior, boy grup dari generasi kedua K-pop

TEMPO.CO, JakartaSaat ini dunia K-Pop telah memasuki era generasi kelima yang sedang dihidupkan kembali oleh beberapa pihak kelompok perempuan A kelompok laki-laki, seperti BABYMONSTER, BOYNEXTDOOR dan XODIAC. Setiap generasi mempunyai grup terkenalnya masing-masing. Super junior adalah salah satu dari kelompok laki-laki yang terkenal yang berasal dari generasi kedua.

Di bawah naungan SM Entertainment, grup ini berhasil menarik perhatian masyarakat dunia dan berhasil memasuki pasar Amerika dan Eropa.

Debut awal dan sub-unit Super Junior

Pada tanggal 6 November 2005, SM Entertainment resmi mendebutkan Super Junior yang beranggotakan 12 orang yaitu Heechul, Yesung, Leeteuk, Hangeng, Kangin, Shindong, Kibum, Siwon, Donghae, Ryeowook, Eunhyuk, dan Sungmin. Awalnya Super Junior debut dengan nama SUPER JUNIOR 05 dan mempunyai album dengan nama yang sama. Salah satu lagu mereka yang terkenal adalah Sebuah keajaiban.

Setelah itu, Super Junior merilis single digital bertajuk kamu dan mampu meraih kemenangan pertama mereka di acara musik. Berkat single ini, Super Junior meraih 5 kemenangan. Di penghujung tahun 2006, Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung dinobatkan sebagai sub-unit pertama dengan nama SUPER JUNIOR-KRY. Mereka membawakan lagu Yang aku cintai di dalam Bank Musik.

Pada tanggal 23 Februari 2007, Leeteuk, Kangin, Heechul, Shindong, Eunhyuk, dan Sungmin menjadi anggota sub-unit kedua SUPER JUNIOR-T. Mereka membuat album single trotting bertajuk Rokkuga!!!. Tahun berikutnya, grup SUPER JUNIOR-M dibentuk, yang debut dengan album pertamanya, Saya. Grup ini mempunyai 5 anggota yaitu Siwon, Donghae, Ryeowook, Hangeng dan Kyuhyun. Sungmin dan Eunhyuk ditambahkan setelah Hangeng resmi meninggalkan Super Junior pada tahun 2011.

Perjalanan seorang super junior untuk menjadi bintang Hallyu

Setelah sekian lama, dia debut sebagai kelompok laki-laki, Super Junior menggelar tur Asia pertama mereka dan mengunjungi beberapa negara seperti Korea Selatan, China, dan Thailand. Tur tersebut berakhir pada 7 Maret 2009. Di tahun yang sama, Super Junior sukses merilis album Maaf maaf. Album ini membawa mereka ke puncak popularitas karena menjadi album terlaris pada tahun itu.

Baca Juga  Konflik penggusuran warga Stren Kali di Rusunawa Gunungsari

Periklanan

Kesuksesan Maaf maaf Super Junior memutuskan untuk merilis lagu yang sama dalam bahasa Jepang pada tanggal 15 Juli 2009. Seiring naiknya nama grup, Kibum memutuskan untuk meninggalkan aktivitas Super Junior karena dia ingin fokus pada karir aktingnya.

Pada tahun 2015, SM Entertainment mengumumkan bahwa Super Junior memiliki label khusus yang akan mengelola seluruh aktivitas grup. SJ Label berafiliasi dengan SM dan akan terlibat dalam semua aktivitas solo anggota dan sub-unit. Setahun kemudian, Kangin memutuskan untuk meninggalkan Super Junior.

Pada tahun 2022, Super Junior mengumumkan bahwa mereka akan memulai tur dunia bertajuk Super Junior – Pertunjukan Super 9 : Jalan. Tur ini akan dimulai dengan konser di Jamsil Indoor Gymnasium Seoul pada 15-17 Juli 2022.

Laporan dari Fandom, pada 14 Juli 2023, SM Entertainment mengumumkan bahwa Donghae, Kyuhyun, dan Eunhyuk memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak mereka. Namun ketiganya tetap lulus bersama Super Junior.

Pilihan Editor: Profil Kyuhyun Super Junior yang Alami Serangan Penikaman terhadap Wanita di Teater Musikal



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *