Posisi teratas di pasar Indonesia direbut Samsung, disusul Oppo dan Xiaomi

TEMPO.CO, Jakarta – Counterpoint Research merilis laporan terbarunya yang memeringkat smartphone terbesar di Indonesia berdasarkan pangsa pasar pada kuartal ketiga tahun 2023, Samsung mencapai posisi tertinggi.

“Samsung memiliki pangsa pasar terbesar pada kuartal III,” kata Kepala Analis Counterpoint Research Febriman Abdillah di Jakarta, Selasa malam, 14 November 2023.

Samsung berhasil merebut pangsa pasar sebesar 20 persen, mengalahkan vendor smartphone lainnya. Namun pangsa pasar tersebut mengalami penurunan sebesar 1 persen sejak kuartal ketiga tahun 2022 (year-on-year), menjadi 21 persen.

Oppo berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 18 persen. Angka tersebut turun empat persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 22 persen.

Peringkat ketiga ditempati oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 18 persen, disusul Vivo (16 persen), Realme (10 persen), Infinix (10 persen), dan merek lainnya (8 persen).

Dalam riset tersebut disebutkan bahwa Samsung berhasil meraih peringkat pertama karena kuatnya penjualan di segmen ponsel basic (di bawah Rp 3 jutaan) dan di segmen mid-range di kisaran harga Rp 3 jutaan. hingga 6 juta Rp. . Segmen ini menyumbang sebagian besar total pengiriman triwulanan Samsung.

Sementara itu, Oppo melihat peningkatan pengiriman di segmen kelas menengah seperti Reno8, Reno8 T, Reno10, dan A78.

Xiaomi menduduki peringkat ketiga berkat upaya memperkuat pasokan, distribusi, dan program penjualan melalui promosi harga atau diskon.

Sementara pertumbuhan realme ditopang oleh segmen entry level (di bawah Rp 3 jutaan) seperti realme C30, C53, C55. Seperti realme, pertumbuhan Infinix didorong oleh hadirnya smartphone dengan harga di bawah Rp 3 jutaan.

Periklanan

Infinix semakin populer karena spesifikasinya yang dinilai kompetitif dan memperkuat proposisinya sebagai ‘brand anak muda’.

Laporan tersebut menyebutkan sejumlah vendor mengalami peningkatan volume pengiriman pada kuartal III-2023 di Indonesia. Angka pengiriman Xiaomi naik 30 persen. Pengiriman Infinix dan realme juga tumbuh masing-masing sebesar 17 dan 14 persen.

Baca Juga  Serangan Israel sejak 7 Oktober telah menewaskan 25.000 warga Palestina

Sementara itu, pengiriman Vivo mengalami penurunan 13 persen, Oppo turun 12 persen, dan Samsung turun 1 persen.

Secara keseluruhan, riset Counterpoint mencatat pasar ponsel pintar Indonesia mulai bergairah kembali, terlihat dari pengiriman ponsel pintar di Indonesia yang meningkat sebesar 3 persen pada kuartal ketiga tahun 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Febriman mengatakan peningkatan tersebut disebabkan banyaknya vendor yang merilis model smartphone terbaru pada periode tersebut. Selain itu, dimulainya musim liburan sekolah dan beberapa musim promosi belanja seperti 8.8 dan 9.9 juga menjadi faktor yang mendorong konsumen untuk membeli smartphone.

“Kita juga tahu perekonomian kita cukup membaik, meski pertumbuhannya sedikit melambat dibandingkan tahun lalu di kuartal yang sama. Tapi kita melihat daya beli masyarakat masih lebih tinggi, kuat, yang menunjukkan masih ada permintaan.” ponsel pintar juga meningkat,” kata Febriman.

Pilihan Editor: Begini cara mengecek KTP Anda menggunakan Pinjol atau tidak

Selalu update informasi terbaru. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *